PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU MERANGKUL ANAK SEKOLAH LEWAT POSYANDU REMAJA

Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. (Departemen Kesehatan RI. 2006). Kegiatan Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (remaja) kegiatan dilakukan untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri. Tak hanya itu, posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja secara rutin setiap bulannya. ( 22/1/2018 )

Tujuan pelaksanaan kegiatan Posyandu remaja adalah :

  1. Melibatkan remaja dalam upaya intervensi terkait permasalahan remaja
  2. Memantau kesehatan remaja secara berkala
  3. Mengedukasi remaja untuk hidup sehat
  4. Menurunkan angka pernikahan dini
  5. Membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya dengan menjadi Generasi Berencana yang kreatif dan berwawasan luas.

Posyandu remaja dijalankan oleh kader remaja di sekolah tersebut. Jumlah kader disetiap posyandu minimal 7 orang dengan rincian. 1 orang di meja 1, 2 orang dimeja 2, 2 orang dimeja 3 dan 2 orang dimeja 4. Akan tetapi jumlah kader ini sangat fleksibel tergantung dengan kebutuhan masing-masing posyandu. Selain itu kegiatan Posyandu Remaja juga didampingi oleh petugas kesehatan seperti PJ program PKPR, PJ. Gizi, PJ imunisasi, PJ Promkes atau Petugas kesehatan desa, seperti bidan desa.

Kegiatannya tak jauh berbeda dengan posyandu yang lainya akan tetapi, posyandu remaja lebih menekankan pada pendidikan remaja dan keaktifan remaja itu sendiri atau lebih tepatnya pemberdayaan remaja untuk mengenali dirinya sendiri dan mengenali masalah yang ada dalam dirinya dan memunculkan solusi untuk dirinya.

Di awal tabun 2018 ini puskesmas tembilahan hulu memulai kegiatan posyandu remaja di sekolah mulai dari tingkat SD/sederajat, SMP/sederajat sampai SMA/sederajat. Pada kegiatan ini semua lintas program terlibat tujuannya agar semua yang menyangkut kesehatan dapat di pelajari atau di pahami oleh siswa/i tersebut.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya posyandu remaja ini kita dapat memantau perkembangan para remaja, dapat mengurangi kejadian-kejadian negatif pada remaja yang sedang marak di berita-berita”, ucap Penanggung Jawab Gizi Heriyanti

 

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Tenaga Promkes Upt Puskesmas Tembilahan Hulu Anggi, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *