Skip to main content

PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU MELAKUKAN KEGIATAN PEMICUAN STBM DI DESA PEKANKAMIS

IMG-20170216-WA0030Pekankamis 16 Februari 2017. Sebagai wilayah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Tembilahan Hulu Masyarakat Kecamatan Tembilahan Hulu tepatnya di Desa Pekankamis, kini mulai berbenah dalam pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Puskesmas Tembilahan Hulu meningkatkan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). STBM sendiri merupakan suatu pendekatan dalam rangka meningkatkan PHBS yang dalam hal ini khususnya untuk meningkatkan cakupan jamban sehat keluarga sehingga dapat terwujud target yg ingin di capai.

PHBS itu sendri merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi tantangan tersendiri dalam mewujudkan kesehatan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan. Kegiatan dipimpin langsung oleh Bpk. Zulakmal,SKM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir didampingi Kepala Tata Usaha Puskesmas Tembilahan Hulu Ibu Salmariantity, SKM.. Abdullah, SKM selaku pemegang program Kesling dan juga tampak Anggita Merry Mardini, SKM pemegang program promkes.

“Pemicuan kali ini kita juga memberi gambaran kepada masyarakat Desa Pekankamis bagaimana efek burukny bila tidak memiliki jamban sehat.. kata ibu Salmariantity, SKM selaku Kepala Tata Usaha Puskesmas Tembilahan Hulu”.

“Membuat kontrak kerja bersama masyarakat yang sadar pentingnya mempunyai jamban sehat di rumah masing-masing ujar Abdullah,SKM selaku pemegang program kesling di puskesmas Tembilahan Hulu”.

“Agar tercapainya tujuan kegiatan ini masyarakat disini mengadakan arisan jamban, Alhamdulillah penduduk Desa Pekankamis sangat antusias dan sadar akan pentingnya kesehatan, jelas anggita

IMG-20170216-WA0034Ibu Anggita juga menuturkan bahwa PHBS itu sangat penting, hendaknya setelah ini masyarakat sadar dan memahami bagaimana jamban keluarga yang sehat itu,

“pemeliharaan jamban keluarga sehat yang baik adalah lantai jamban hendaknya selalu bersih dan tidak ada genangan air, bersihkan jamban secara teratur sehingga ruang jamban selalu dalam keadaan bersih.tambah Anggita”.

Sumber: Tenaga Promkes Anggita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *