Penghujung tahun 2018, UPT Puskesmas Sapat diundang oleh 3 desa yang berada di kecamatan kuindra sebagai narasumber dalam rangka kegiatan penyuluhan ketahanan dan kesehatan masyarakat. 3 desa tersebut yaitu desa perigi raja, desa sungai bela dan desa tanjung lajau. Desa perigi raja pelaksanaannya pada tanggal 22 desember 2018, Desa Sungai bela pelaksanaannya pada tanggal 26 desember 2018 dan Desa tanjung lajau pelaksanaannya 27 desember 2018. Materi penyuluhan disesuaikan dengan permintaan desa dan kondisi keadaan kesehatan masyarakat. Desa perigi raja diberikan penyuluhan dengan tema yaitu upaya kesehatan kerja (UKK), Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan TB Paru.

Bertempat di gedung olahraga , acara ini dihadiri oleh Kepala desa perigi raja , pendamping desa, perangkat desa, tokoh agama ,tokoh masyarakat dan masyarakat yang berada di desa perigi raja dan Tim dari Puskesmas sapat ( Yudhi Indra, AM.KL, dr. Melati citra, Penanggung jawab Program TB Paru. Hj. Kasmawati, Penanggung jawab Program UKK dan ODGJ Ahmar, S.Kep, Analis laboratorium Lia Lidiawati, Amd.Ak. ).

Materi penyuluhan dengan tema yaitu Imunisasi, HIV-AIDS, Napza dan TB Paru. Acara ini dihadiri oleh Kepala desa sungai bela dan perangkat desa, dan kepala Puskesmas Sapat Endang Suratmi, SST serta di dampingi tim dari puskesmas sapat, dokter umum, dr. Melati citra, Pj. Program TB Paru, HIV-AIDS dan Napza, Hj. Kasmawati, Pj. Program Imunisasi, M. Yamin, AMK, Analis laboratorium, Lia Lidiawati, Amd.Ak.

Kegiatan di Desa tanjung lajau diberikan penyuluhan dengan tema yaitu PHBS, ODGJ dan UKK. Untuk kegiatan acara penyuluhan ini dihadiri oleh Kepala desa Tanjung lajau yaitu dihadiri oleh kepala desa beserta perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat , dan masyarakat yang ada di tanjung lajau.

Acara ini disambut antusias oleh masyarakat dari masing-masing desa, mereka berharap agar rutin dilaksanakan acara seperti ini. Kepala desa pun menyambut baik dengan menyetujui akan menganggarkan kegiatan serupa untuk tahun 2019. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengambilan sampel dahak untuk masyarakat yang diduga menderita pemyakit TB Paru. Di Desa perigi raja diambil 2 sampel dahak dan di desa sungai bela 4 sampel dahak dan dilakukan pemeriksaan laboratorium oleh tenaga analis UPT PKM sapat dan semua pelaksanaan kegiatan ini dianggarkan dari anggaran dana desa bersangkutan .

Sumber : Tenaga promkes Puskesmas Sapat , Raja Sahlina, SKM

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini