Skip to main content

PUSKESMAS PENGALIHAN ENOK TAJA SOSIALISASI MEASLES RUBELLA (MR)

Puskesmas Pengalihan Enok melakukan kegiatan sosialisasi Measles Rubella (MR) di Kecamatan Enok yang dihadiri oleh lintas sektor, lintas program, tokoh agama, tokoh masyarakat, PKK, sekolah dan dinas kesehatan Tembilahan. (14/7/2018)

Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak (Measles) dan campak Jerman (Rubella) untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella. Vaksin MR telah mendapat rekomendasi dari WHO dan izin edar dari BPOM sehingga aman digunakan pada anak. Selain itu, vaksin ini telah digunakan di lebih 141 negara di dunia.  Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella.

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini beresiko tinggi tertular. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Gejala penyakit Campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk, pilek dan mata merah (konjungtivitis). Sedangkan gejala penyakit Rubella tidak spesifik bahkan bisa tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri persendian, mirip gejala flu. Tidak ada pengobatan untuk penyakit Campak dan Rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi dengan vaksin MR. Imunisasi MR dapat diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama kampanye imunisasi MR. Selanjutnya, imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD/sederajat menggantikan imunisasi Campak. Apabila anak sebelumnya telah mendapat imunisasi Campak dan MMR, maka tidak masalah apabila mendapat imunisasi MR. Tujuannya adalah untuk memastikan kekebalan penuh terhadap penyakit Campak dan Rubella.

 “Imunisasi Measles Rubella ini bukan hanya untuk prorgam kesehatan saja tapi imunisasi ini milik bersama untuk itu mari kita bekerja sama untuk mendukung jalan nya imuniassi MR ini agar tidak ada lagi anak-anak yang terkena penyakit campak rubella”, ujar Fitriani selaku narasumber dari dinas kesehatan inhil.

“Untuk itu ayo dukung imunisasi Measles Rubela (MR) yang dilakukan pada bulan Agustus Dan September”, tandasnya.

Dalam kegiatan kampanye ini juga didukung dengan adanya penadatanganan dari lintas sektor, lintas program, tokoh agama, tokoh masyarakat, PKK, sekolah dan kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *