Skip to main content

Puskesmas Kuala Enok Terapkan Satu Ruangan Satu Pasien

Pembangunan lanjutan Puskesmas (PKM) Kuala Enok yang telah selesai ditahun ini (2019) menjadi objek vital pelayanan kesehatan terutama untuk kenyamanan masyarakat yang sedang dirawat.

Bagaimana tidak, seperti yang diintruksikan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, MP, mengenai dekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Inhil H. Zainal Arifin, SKM., M.Kes, menegaskan intruksi tersebut untuk 28 Puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan termasuk Puskesmas Kuala Enok.

Puskesmas Kuala Enok tersebut berada diwilayah kecamatan Tanah Merah, Inhil.

“Di hari senin ini tepatnya 23 Desember 2019, kita (Puskesmas Kuala Enok) sudah menggunakan gedung bangunan baru,” Jelas Kepala Puskesmas H. Muhammad Syum, SKM., MM, Senin (23/12/2019).

Lanjut, ada 10 ruangan terinci dan 1 ruang untuk 1 orang pasien. Dengan mengutamakan hal ini masyarakat bisa merasa dilayani optimal, terjaga kenyamanan, apa lagi masyarakat merasa akan puas atas layanan Puskesmas umumnya dibawah naungan Dinas Kesehatan Inhil.

1 ruangan juga sudah tersedia 1 WC untuk mempermudah pasein dalam hal buang air, privasi tetap terjaga nyaman dan berharap cepat sembuh dan puas atas layanan yang Puskesmas Kuala Enok berikan, tandas pria yang disapa Syum.

Meski pembangunan sempat mangkrak ditahun 2017 berjalan berkisar 30 persen, Dinas Kesehatan Inhil dibawah kepemimpinanan H. Zainal Arifin telah berhasil membangun 6 bangunan Puskesmas ditahun ini.

“Tanggal 20 Desember kemarin kita telah melakukan pemindahan semua alat dan berkas keruangan baru, dan saat ni sudah ada pasien yang dirawat inap di Puskesmas Kuala Enok,” tandasnya kembali.

Walau dengan wajah baru, bangunan lama Puskemas Kuala Enok tetap berjalan dan berfungsi.

“Bangunan lama sebagai rawat jalan, bangunan baru untuk rawat inap dan UGD,” sambung Syum.

Tidak hanya itu, seperti ruangan kepala Puskesmas, menajemen, tata usaha, aula, arsip, muholla, persalinan, farmasi, labor, serta 10 ruangan untuk pasien telah difungsikan dalam bangunan baru.

Bangunan lama tetap kita tempatkan pada palayanan, katanya.

Mengenai sejarah panjang bangunan Puskemas Kuala Enok pernah mengalami bencana alam kebakaran, dan pada akhirnya bangunan kesehatan itu berdiri di Jalan Pendidikan no 02 Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah hingga sekarang.

Setelah 30tahun-an berdiri, bangunan itu telah mendapatkan renovasi ditahun 2017.

“Gedung telah Representatif layak dari segi standar fisik,
atas nama pribadi petugas dan masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Kadis dan seluruh yang terlibat demi berdirinya gedung rawat inap dan UGD,” ucap Kapus.

Untuk kedepannya, Syum akan membenahi sarana seperti penyediaan air bersih, genset, dan ipal untuk kebutuhan khusus.

Untuk diketahui, luas Puskesmas Kuala Enok ialah 841m/segi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *