PUSKESMAS KOTABARU BERIKAN PENYULUHAN BAHAYA MEROKOK DI SMPN 01 KERITANG

IMG-20170216-WA0008Keritang, 14 Februari 2017. Bahaya merokok di kalangan pelajar perlu diwaspadai, Merokok sudah menjadi kebiasaan di segala usia dan mungkin bagi mereka yang sudah kecanduan merokok adalah suatu kebutuhan yang harus di penuhi. Tak terkecuali di usia sekolah banyak anak yang menghisap rokok dengan santai dan harus menghabiskan uang saku hanya untuk membeli sebatang rokok. Petugas Penyuluhan dan Promosi Kesehatan Puskesmas Kota Baru Kecamatan Keritang ibu Nova Yanti, SKM dan ditemani Royani Sartika, Str. Keb. Memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok bagi manusia dan terutama sekali bahaya merokok pada usia remaja.

Didalam pemaparannya petugas penyuluhan kesehatan Puskesmas Kotabaru memaparkan segala hubungan kesehatan tentang bahaya merokok, maka paling tidak ada beberapa penyakit yang mulai menghinggapi. Merokok, dapat menabung berbagai macam penyakit berbahaya, seperti Kanker, Hepatitis, Diabetes, Gangguan pernapasan, Gangguan pada kesehatan Rahim, Penyakit Ginjal, Penyakit paru-paru, Serangan jantung, Stroke Dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya, yang tentunya akan merugikan dan juga membahayakan diri sendiri.

IMG-20170216-WA0010Melihat betapa pentingnya memberikan penyuluhan terhadap bahaya merokok bagi remaja Nova Yanti mengungkapkan bahwa Puskesmas merasa bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan kepada mereka.

Masih banyak diantara anak-anak kita dikalangan remaja yang mudah terpengaruh dan tidak mengerti akan bahaya merokok dan zat-zat lainnya terlebih lagi narkoba dan sebagainya. Karena faktanya mengkonsumsi atau merokok sama sekali tidak ada kepentingannya dengan kebutuhan hidup dan jelas mengganggu kesehatan, faktor utama remaja yang merokok adalah disebabkan faktor coba-coba dan mudah terpengaruh oleh pergaulan, oleh sebab itu mendapatkan penyuluhan sangat diperlukan oleh mereka semua tidak terkecuali pelajar pria maupun wanita. Terang Nova”

Setelah diberlakukannya peraturan Kawasan Tanpa Rokok di Puskesmas Kotabaru dan telah diberikan penyuluhan-penyuluhan ke setiap sekolah yang berada di Kecamatan Keritang, diharapkan memberi perubahan dan berdampak positif terhadap jumlah perokok khususnya di usia remaja.

Sumber: Tenaga Promkes Kotabaru: Nova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *