Skip to main content

Puskesmas Kempas Jaya dan Sungai Salak Bekolaborasi Gelar Test Rockport JCH 2020

Ibadah haji merupakan rangkaian kegiatan yang menggunakan, 90% aktivitas fisik untuk itu tim kesehatan haji Puskesmas Sungai Salak bersama Puskesmas Kempas Jaya melakukan pemeriksaan fisik mengunakan metode (tes rockport) atau pemeriksaan kebugaran jemaah haji, yang dipusatkan dihalaman Bandara Tempuling (13/12/2019).

Adapun yang mengikuti tes ini yang berasal dari Sungai Salak sebanyak 33 orang, sedangkan dari Kempas Jaya sebanyak 25 orang.

Kepala Puskesmas Kempas Jaya Suharmin, SKM yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Tata Usaha Rio Supriono, SKM mengatakan setelah diperiksa dengan metode rockport ini, masing-masing jema’ah calon haji tau tingkat kebugarannya.

“Setelah mengikuti metode ini, nilai atau hasilnya akan diketahui, apakah kurang sekali, kurang, cukup, baik dan baik sekali”, ungkap Rio

Lebih lanjut Rio menjelaskan Metode Rockport merupakan tes kebugaran bagi calon jamaah haji dengan cara berjalan cepat/berlari kecil sejauh 1,6 km.  Tes Jalan Rockport merupakan salah satu metode yang biasa dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik. Orang yang dites diminta berjalan secepat mungkin (sesuai kesanggupan) sejauh 1,6 km lalu dihitung waktu tempuhnya (dalam menit) dan denyut nadinya dalam satu menit. Tes ini dapat dilakukan pada semua orang, baik pria maupun wanita, setelah dinyatakan aman untuk melakukannya oleh dokter pemeriksa. Tes ini mudah dilakukan, tidak memerlukan banyak peralatan, dan murah.

“Setelah mengetahui tingkat kebugaran masing-masing calon jama’ah haji diharapkan bisa latihan sesuai dengan saran dari petugas kesehatan, agar sebelum berangkat ketanah suci dalam keadaan sehat dan kuat”, tutupnya

Calon Jama’ah Haji melakukan pemeriksaan Kesehatan sebelum melakukan Test Rockport
Melakukan Peregangan sebelum melakukan Test Rockport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *