Skip to main content

Puskesmas Gajah Mada Turut Berperan Aktif dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah

Usaha kesehatan sekolah disingkat (UKS) adalah suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah. Dalam pengertian lain, UKS adalah usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integrative). Untuk optimalisasi program UKS perlu ditingkatkan peran serta peserta didik sebagai subjek dan bukan hanya objek.

Dalam hal ini UPT. Puskesmas GAJAH MADA berperan serta melakukan Kegiatan  UKS dan In House Training ( IHT ) sekaligus Penyerahan secara simbolis buku rapor kesehatan model sekolah sehat SMAN 1 Tembilahan. pada (10/10/2019).

Kegiatan ini di hadiri oleh Drg. NOVI WAHYUNI dari puskesmas Gajah Mada, penanggung jawab UKS Yuslaini, AMKG , kepala sekolah SMAN 1 Tembilahan Drs.H Muhammad Nurlin serta di ikuti oleh Siswa dan siswi SMAN 1 TEMBILAHAN.

Peran Puskesmas dalam pelaksanaan UKS sangatlah menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan di sekolah. Berbagai kegiatan teknis dapat dilakukan oleh puskesmas dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Dengan UKS ini diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memantau tumbuh kembang dan kesehatan peserta didik untuk dilakukan tindak lanjut jika diperlukan dan buku ini berdampingan dengan buku rapor kesehatanku seri informasi kesehatan yang berisi berbagai informasi berkaitan dengan kesehatan dan tumbuh kembang peserta didik.

 

Sumber : Promkes Puskesmas Gajah Mada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *