ENOK, 01/07/2019. Penyuluhan tentang Demam Berdarah ( DBD ) terus di lakukan guna mencegah penyakit DBD yang bisa mengancam siapa saja , tak terlepas dari upaya ini puskesmas Enok juga terus mengajak masyarakat  serta memberikan pengetahuan tentang bubuk ABATE dan penyuluhan tentang DBD .

kegiatan ini di lakukan salah satu rumah warga di kelurahan pusaran 8 wilayah kerja Puskesmas Enok , dihadiri oleh promotor kesehatan H. Muhammad Rusli, SKM dan Sudaryani, SKM dan di ikuti oleh warga setempat dan Bidan yang ada di pustu pusaran 8 ini.

H. Muhammad Rusli, SKM menjelaskan kepada warga bahwa Abate adalah obat yang tergolong ke dalam larvasida yang bisa memberantas nyamuk saat masih berada di dalam fase larva, Obat abate ini juga sudah lama dipakai guna megendalikan wabah Demam Berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan dan Aedes albopictus.

Kandungan kimia yang ada di dalam bubuk abate, yaitu Temephos bisa membunuh jentik-jentik nyamuk sebelum ia mencapai dewasa dan menyebarkan penyakit DBD. Hal ini bisa mengurangi jumlah vektor DBD dan angka kejadian DBD pun bisa diturunkan,

Dosis abate adalah 1 gram untuk 10 liter air. Jadi, jika di dalam wadah penampungan air berisikan 100 liter air, maka membutuhkan 10 gram bubuk abate. Jangan heran jika hanya membutuhkan sedikit bubuk abate. Pasalnya, obat abate bisa bekerja secara efektif dengan dosis yang sangat rendah.  tambah Muhammad Rusli.

Sudaryani, SKM menyampaikan tujuan penyuluhan ini adalah agar masyarakat bisa mengetahui bahaya nyamuk DBD dan melakukan pencegahan sebelum terjadi pada warga setempat. Dan menjelaskan kegunaan bubuk ABATE untuk membunuh jentik-jentik agar tidak terjadi perkembangbiakan nyamuk DBD tersebut.

Kita promosi kesehatan dari puskesmas Enok terus memberikan pengetahuan kepada warga setempat tentang kegunaan ABATE dan cara mencegah penyakit DBD Sebelum nantinya akan di lakukan Fogging, tutupnya.

Narasumber : SUDARYANI, SKM (Promkes Puskesmas Enok)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini