Pemeriksaan kesehatan tahap pertama dilaksanakan rabu, 26/01/2018 sebagai upaya penilaian status kesehatan pada calon jemaah haji tahun 2018. Dengan metode pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mendapatkan data kesehatan bagi upaya-upaya perawatan dan pemeliharaan, serta pembinaan dan perlindungan. Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan  oleh Dokter umum yaitu dr. lili Indriani Sitanggang sekaligus pemegang program haji, serta 3 tenaga medis untuk pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji 2018 di Puskesmas Pengalhan Enok.

1 minggu berikutnya peserta Calon jemaah haji melaksanakan tes kebugaran, dengan tes rockport. Tes kebugaran ini untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Tes ini juga berguna untuk meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan jam 07.30 WIB pagi calon jemaah sudah mulai berkumpul di Puskesmas dan melakukan pemeriksaan tekanan darah terlebih dahulu dan diberi nomor tanda peserta.

“Sebelum kegiatan dilakukan alangkah baiknya kita Pemanasan yang terlebih dahulu agar otot-otot tubuh tidak terjadi cedera karena aktivitas fisik yang berat dan mendadak”. Jelas dokter Lili Indriani.  Pemanasan dilakukan secara bersama-sama dipimpin oleh petugas dari Puskesmas. Peregangan otot-otot dari leher, tangan, kaki, dilakukan secara bergantian dalam hitungan 2 x 8. Setelah dirasa cukup untuk pemanasannya.

Setelah pemanasan selesai kemudian peserta calon jemaah haji untuk berbaris dan berjalan kaki ke tempat pelaksanaan tes kebugaran dan diberi intruksi untuk melewati jalan tersebut dengan cara berjalan kaki, jalan cepat ataupun berlari sesuai dengan kemampuan masing-masing sampai batas yang ditentukan kemudian berbalik ke tempat semula dengan rute yang ditempuh sekitar 1.600 meter.

Semua kegiatan tersebut adalah guna menunjang kebugaran tubuh dalam rangka mempersiapkan kegiatan ibadah haji nantinya. Rangkaian ibadah yang memerlukan kesehatan, kebugaran tubuh disamping kesiapan finansial dan mental serta kesiapan pengetahuan dan pemahaman mengenai rangkaian ibadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here