Skip to main content

Berita Kesehatan

Sungai Guntung Melakukan Layanan VCT Dibeberapa Tempat

Foto: UPT Puskesmas Sungai Guntung

SUNGAI GUNTUNG – Sabtu (28/08/2021)

VCT atau voluntary counselling and testing diartikan sebagai konseling dan tes HIV secara sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT. Kegiatan Layanan VCT terus dilakukan dibeberapa tempat seperti Cafe dan Salon di Sungai Guntung Kecamatan Kateman.

Dari Informasi yang disampaikan oleh Zainuddin kepala Puskesmas Sungai Guntung Kecamatan Kateman terdapat beberapa tempat dilakukannya layanan VCT yaitu 2 tempat di Cafe dan 3 Tempat di Salon.

Kegiatan dilakukan pada malam hari, karena layanan VCT di tujukan untuk pegawai Cafe dan pegawai Salon dan beberapa masyarakat yang berkunjung di Cafe dan Salon juga bisa melakulan tes VCT, Tambahnya

Kegiatan rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali, kegiatan dilakukan oleh Tim VCT dan Tim IMS dan juga didampingi oleh Babinsa dan Polsek.

Penyerahan Nutrisi Di Kecamatan Kempas Jaya Untuk Meriahkan HUT RI Ke 76

FOTO : UPT Puskesmas Kempas Jaya

KEMPAS – SELASA (1708/2021)
Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hilir mendistribusikan nutrisi ke Kecamatan dan pihak Kecamatan memberikan ke Puskesmas untuk diberikan kepada balita yang merupakan gizi kurang dan gizi buruk di Kecamatan Kempas Kab. Indragiri Hilir

Penyerahan simbolis dari PKK Kecamatan Kempas kepada kepala Puskesmas Kempas Jaya Suharmin sesudah apel bendera HUT RI ke-76 kegiatan tersebut dilakukan di lapangan kantor camat di Kecamatan Kempas.

Sebenarnya kegiatan pemberian nutrisi sudah masuk dalam program KESGA (Kesehatan Keuarga) melalui PKK Kabupaten, namun kecamatan mengambil momen yang pas di HUT RI ke-76 ini kata Suharmin kepala UPT Puskesmas Kempas Jaya

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimcam, Kapolsek, Danramil, KUA, PKK Kecamatan beserta jajarannya dan juga diikuti oleh pemuda pancasila, setelah penyerahan nutrisi untuk balita gizi kurang dan gizi buruk kepada Puskesmas, secepatnya Puskesmas akan melakukan pemberian nutrisi melalui kegiatan posyandu.

PKK Tempuling Mengikuti Webinar Diseminasi Informasi Evaluasi Posyandu

Foto : UPT Puskesmas Sungai Salak

TEMPULING – SENIN (16/08/2021)
Webinar yang dihadiri beberapa anggota yang terkait seperti Ibu PKK Penanggung Jawab UKM dan Penanggung Jawab Posyandu Puskesmas di lapangan Kantor Camat Kecamatan Tempuling.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Evaluasi Posyandu juga merupakan pelatihan kepada kader untuk lebih mengerti tentang bagaimana cara pelaksanaan kegiatan posyandu yang berupa dari pencatatan dan pelaporan.

Untuk mendukung pembinaan posyandu diperlukan langkah-langkah edukasi kepada masyarakat antara lain dengan upaya peningkatan kapasitas kader melalui pelatihan kader posyandu, karena kader turut berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang kesehatan ibu dan anak.

Okky sebagai tenaga Puskesmas Sungai Salak bidang Promosi Kesehatan mengatakan kita ada 9 desa di Kecamatan Tempuling dengan total 28 posyandu rata-rata 5 kader untuk setiap posyandu dan kita juga akan melakukan advokasi masing-masing posyandu.

Penegakan PROKES di Pasar Tradisional Sungai Salak

Foto : UPT Puskesmas Sungai Salak

Sungai Salak – Senin (09/08/2021)
Pasar merupakan salah satu tempat yang banyak di datangi masyarakat, dimasa Pandemi Covid-19, penegakan Protokol Kesehatan (PROKES) sangat perlu dilakukan untuk mencegah dan menghindari terjadinya penyeberan virus Covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Salak Kecamatan Tempuling dan juga diikuti oleh mahasiswa KKN dari Universtitas Indragiri (UNISI) melakukan penegakan PROKES di pasar Tradisional Sungai Salak.

Penegakan PROKES dilakukan terutama kepada pedagang dan masyarakat yang berkunjung. Pada saat hari pekan, seperti pasar Tradisional Sungai Salak banyak pedagang yang datang dari luar untuk berdagang,

Perlu dilakukan penegakan PROKES terutama kepada masyarakat yang masih saja tidak peduli tentang selalu mematuhi PROKES, apabila didapatkan masyarakata yang tidak menjalankan PROKES akan diberikan peringatan.

Konseling tentang bahaya Covid-19 juga diberikan kepada pedagang dan masyarakat serta cara mencegahnya, pemberian brosur tentang pencegahan Covid-19 juga diberikan kepada masyarakat dan pemberian masker gratis juga diberikan kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui tentang penggunaan masker saat beraktifitas.

Sosialisasi Teknik Implementasi Antrian Online SIMPUS

Foto : Dok.MCT Dinkes Inhil

TEMBILAHAN – Jum’at (06/08/2021)
Sosialisasi Teknik Implementasi Antrian Online SIMPUS (Sistem Informasi Puskesmas) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir yang diikuti oleh seluruh Kepala Puskesmas se Kab. Indragiri Hilir dan petugas PCare melalui Via Zoom Meeting.

Teknologi informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu instansi. Penggunaannya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sistem yang terintegrasi sehingga proses organisasi yang terjadi akan efisien, terukur dan fleksibel.

Dinas kesehatan berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat khususnya pada layanan sistem antrian di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP ) melalui integrasi simpus dan mobile JKN.

Sistem antrian online merupakan salah satu manfaat yang diberikan oleh aplikasi mobile JKN yaitu kemudahan untuk mendapatkan pelayanan di FKTP.

Sebelumnya proses butuh waktu karena menggunakan antrian manual tetapi dengan adanya sistem antrian online tidak perlu khawatir dengan antrian yang panjang dan lama karena dapat melakukan pendaftaran dirumah dan datang ke Puskesmas tinggal menunggu pelayanan yang diberikan saja.

Mengingat sekarang dimasa Pandemi Covid-19, dengan menggunakan antrian online, antrian masyarakat lebih teratur dan tidak berkerumun itu sudah menjadi salah satu langkah kita dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Mengapa perlu antrian online, karena selama ini, pasien yang hendak berobat di FKTP harus datang ke lokasi untuk mendaftar, lalu mengantri sampai dipanggil oleh petugas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, dimasa Pandemi COVID-19 seperti saat ini, pasien-pasien yang menunggu antrean dapat berpotensi menimbulkan kerumunan dan meningkatkan resiko penularan COVID-19.

Manfaat lain yang didapat adalah mengurangi beban kerja serta menghemat waktu petugas dalam proses pendaftaran pasien karena sudah dilakukan secara mandiri oleh pasien serta Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan dapat melakukan booking jadwal kunjungan maksimal sehari sesudah pelayanan