Skip to main content

PROMOSI GERMAS UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG ADAKAN SENAM SEHAT DAN CEK KESEHATAN RUTIN MINGGU PAGI

Sungai Guntung, Guna mengajak masyarakat untuk mebiasakan hidup sehat UPT Puskesmas Sungai Guntung melaksanakan kegiatan rutin senam bersama pagi minggu dan cek kesehatan serta penyuluhan kesehatan di lapangan Balai Rakyat dalam rangka sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) (28/01/2018).

Koordinator Promkes UPT Puskesmas Sungai Guntung Muhammad Rudini, SKM mengatakan bahwa gerakan masyarakat hidup sehat adalah gerakan untuk mebiasakan masyarakat agar berprilaku bersih dan sehat salah satunya dengan aktif melakukan aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit setiap harinya, mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, dan melakukan control kesehatan minimal 6 bulan sekali.

“PTM (penyakit tidak menular) seperti Strok, Diabetes, Hipertensi, Jantung, dan penyakit tidak menular lainnya dapat dicegah dengan program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) untuk mengajak masyarakat melakukan aktivitas fisik atau olahraga, mengonsumsi buah dan sayur serta cek kesehatan secara rutin. Mengingat PTM ini biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan seseorang, yang mana makanan siap saji yang tidak seimbang dan ditambah lagi minimnya aktivitas fisik atau kurang berolahraga akan mudah sesesorang terkena PTM” ,ujarnya.

Selain rajin olahraga, dan konsumsi buah dan sayur, beliau juga mengajak masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

“Pada dasarnya puskesmas itu bukan sekedar pelanyanan untuk orang sakit tapi lebih dari itu sebagai sarana kesehatan, puskesmas juga punya peran yaitu menjaga orang sehat untuk tetap sehat. Oleh karna itu kepada masyarakat diminta untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas atau di fasilitas kesehatan lainnya, begitu juga tenaga kesehatan lain yang ada di puskesmas maupun di pustu senantiasa aktif membatu Promkes untuk mempromosikan program Germas ini kepada masyarakat”, tutupnya

 

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Promkes UPT Puskesmas Sungai Guntung Muhammad Rudini, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *