30/04/2019. POSYANDU (pusat pelayanan terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang di laksanakan oleh dari dan bersama masyarakat. Kegiatan posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan tersebut mencakup kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, pencegahan dan penanggulangan diare.

Sementara kegiatan pengembangan /pilihan masyarakat adalah menambah kegiatan utama yang telah di tetapkan di namakan posyandu terintegrasi yaitu bina keluarga balita (BKB), tanaman obat keluarga (TOGA), dan pos pendidikan anak usia dini (PAUD).

Keberhasilan pengelolaan posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu di perlukannya adanya kerjasama dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader-kader handal dan cekatan. Apabila kegiatan posyandu terselenggara dengan baik maka akan mengurangi kontribusi angka kematian ibu anak dan balita. Dalam hal ini salah satu posyandu palem yang terletak di desa tanjung siantar di ikutkan untuk lomba ke tingkat kecamatan dari sekian banyak posyandu yang ada di wilayah kerja UPT. Puskesmas Piring kecamatan Batang Tuaka belum lama ini.

Menurut penanggung jawab posyandu Nursusanti Hutagalung, AMK mengatakan “semoga untuk tahun depan posyandu di desa lain bisa mengikuti lomba berikutnya, kalah menang itu adalah hasil akhir yang jelas maju dulu dan kita persiapkan dengan sematang-matangnya” ungkap Nursusanti.

 

Narasumber : Tuti Auliyah, SKM (promkes Sungai Piring)

 

 

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini