Skip to main content

PMI INHIL GELAR DITEKSI DINI KANKER RAHIM UNTUK CIPTAKAN GENERASI SEHAT

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) K5abupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikha Wardan, meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan di Kantor Lurah Tembilahan Kota, Selasa (4/4/2017).

Kegiatan tersebut dilaksanakan UPT Puskesmas Tembilahan Kota bekerjasama dengan PMI Inhil dan TP PKK Kecamatan Tembilahan. Pemeriksaan kesehatan tersebut terbuka untuk masyarakat umum serta tidak dipungut biaya, mulai dari 4-7 April 2017, pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB, setiap harinya.

Saat melakukan peninjauan, Ketua PMI Inhil didampingi camat Tembilahan, lurah Tembilahan Kota, Ketua TP PKK Kecamatan Tembilahan, serta rombongan dan para tenaga kesehatan.

Tujuan diadakannya pemeriksaan kesehatan tersebut untuk mendeteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual Asetat (IVA) juga pemeriksaan HIV/ AIDS.

Selain itu ada pula pemeriksaan kesehatan mengenai penyakit tidak menular, seperti kolesterol, asam urat, diabetes melitus, dan lain-lain.

“Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2015, program ini sasarannya adalah ibu-ibu usia subur. Karena kanker leher rahim yang dikenal juga dengan istilah kanker serviks, obatnya sangat terbatas sehingga perempuan harus waspada dengan cara memeriksakan diri,” kata Zulaikha.

Pemeriksaan ini, ucap Zulaikha, gratis bagi masyarakat. Sehingga mengetahui sejak dini, karena apabila mengetahui sejak dini maka masih bisa diobati atau dilakukan tindak lanjut berikutnya. Namun, jika sudah menjadi kanker maka akan sulit untuk disembuhkan.

Wanita yang akrab dipanggi Ika ini menghimbau kepada seluruh masyarakat Inhil, terutama pada pasangan usia subur agar betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan yang sudah melakukan tes di sini tidak positif terdeteksi adanya gejala kanker. Kemudian bagi yang positif diharapkan dapat menindaklanjuti pengobatan, kita akan kirim ke tingkat provinsi bahkan sampai di tingkat nasional, kalau memang terindikasi kanker,” kata Ika.

Ika juga menuturkan jika seluruh ibu-ibu khususnya pasangan usia subur sudah melakukan tes dan tidak terdeteksi adanya kanker serviks, maka ibu-ibu diharapkan akan melahirkan putra-putri yang cerdas dan sehat dapat diwujudkan.

“Karena ibu-ibu melahirkan generasi penerus bangsa, jadi ibu-ibu harus sehat. Jika ibu-ibu tidak sehat maka generasi yang akan dilahirkan juga adalah generasi yang tidak sehat,” ungkap Ika.

Sedangkan Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota, drg Wahyu Winda MSi, pada awak media mengatakan, tes IVA merupakan salah satu upaya pemeriksaan awal yang diprioritaskan bagi perempuan Indonesia agar dapat dilakukan penanganan tepat dan cepat bila diketahui gejalanya.

Kanker serviks dapat diobati jika ditangani sejak dini. Selama ini banyak kaum perempuan yang belum memahami masalah tersebut, dan baru memeriksakan diri ke dokter setelah serangannya mulai parah sehingga sulit ditangani.

“Kita harapkan dengan kegiatan ini, semoga dapat menyebar luas sampai kepada masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim dan mengajak masyarakat agar melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya,” ajaknya.

Sejak dibuka pemeriksaan kesehatan gratis ini, banyak ibu-ibu yang datang memeriksakan kesehatan dirinya. Untuk diketahui dalam kesempatan itu ketua PMI Inhil turut memeriksakan kesehatannya di posbindu penyakit tidak menular dan tes darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *