PKM SUNGAI SALAK LAKUKAN PEMERIKSAAN KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA DENGAN METODE IVA DAN SADANI

IVA dan SADANISSungai salak, 29 april 2017, dijelaskan bahwa Kanker serviks adalah kanker yang menyerang serviks (leher rahim) yang berkembang melalui beberapa tahap dimulai dengan tahap pra kanker yang pertumbuhannya sangat lambat disebut displasia ringan hingga berat dapat menyebar.

Oleh karena itu maka dilakukan pemeriksaan Sederhana untuk mengetahui tanda dan gejala kanker tersebut dengan cara deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (inspeksi vagina dengan asam asetat)

Para Nakes puskesmas Sungai Salak melakukan roadshow dari satu desa ke desa yang lain yang masih termasuk wilayah kerja puskesmas Sungai Salak untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks dengan metode IVA selama 2 pekan.

Ada sekitar 9 desa diwilayah kerja puskesmas Sungai Salak yang didatangi para Nakes untuk melakukan pemeriksaan IVA tersebut, Antusias masyarakatpun tidak kalah dengan para Nakes yang terlihat dengan banyaknya ibu-ibu yang menunggu antrian untuk melakukan pemeriksaan IVA Tersebut.

Selain pemeriksaan IVA, juga dilakukan pemeriksaan SADANIS yaitu pemeriksaan payudara secara klinis yang bertujuan untuk mengetahui tanda dan gejala kanker payudara.

“Akhirnya Target dalam pemeriksaan ini melebihi daripada target yang ditetapkan” ujar Sri Handayani selaku bidan koordinator di puskesmas Sungai Salak.

Pemeriksaan ini juga masih berlangsung sampai saat ini, bagi ibu-ibu yang bulan kemarin belum sempat melakukan pemeriksaan IVA dan SADANIS maka bulan ini boleh datang ke puskesmas langsung untuk melakukan pemeriksaan “ujar pak Saiful Ahwan, Amd.Kep selaku kepala puskesmas”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *