Skip to main content

PICU STBM DENGAN TUJUAN STOP BABS INI YANG DI LAKUKAN UPT PUSKESMAS SUNGAI SALAK

Tempuling,25/02/2018. Kepmenkes no 852/Menkes/SK/IX/2008 yang menjadi acuan dalam pergerakan petugas kesehatan bersama instansi lainnya dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi yang terkait dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) membuat pergerakan penuh dari petugas kesehatan Puskesmas Sungai Salak untuk melakukan pemicuan STBM dengan tujuan agar masyarakat stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Sasaran dalam kegiatan yang di laksanakan beberapa waktu lalu oleh Puskesmas Sungai Salak adalah Dusun Sumber Jaya, Desa Karya Tunas Jaya Kecamatan Tempuling, melalui pendekatan kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman akibat BABS oleh pemegang program kesehatan lingkungan (kesling) Puskesmas Sungai Salak Herma Yeni, AMK dan Ayub, AMK di dampingi petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Zul Akmal, SKM.

Kebiasaan BABS adalah masalah bersama karena dapat berimplikasi kepada semua masyarakat sehingga pemecahan masalah tersebut juga harus di lakukan secara bersama sama Ujar petugas kesling Puskesmas Sungai Salak Ayub, AMK. Di tambahKannya, pendekatan yang kita lakukan kepada masyarakat adalah pemberdayaan yang tidak membicarakan masalah subsidi. Artinya, masyarakat yang kita jadikan guru dengan sanitasi total yang di pimpin juga oleh masyarakat (Community Lead Total Sanitation) dengan melibatkan fasilitasi atas suatu proses untuk menyemangati serta memberdayakan masyarakat setempat untuk menghentikan buang air besar di tempat terbuka dan membangun serta menggunakan jamban. Selain itu, ucap Ayub metode lain yang digunakan adalah pra para anggota masyarakat untuk menganalisa profil sanitasinya masing masing. Termasuk pengetahuan luasnya penyebaran BABS di tempat terbuka serta penyebaran kontaminasi dari kotoran hingga ke mulut yang dapat mempengaruhi dan memperburuk keadaan setiap orang dan lingkungan.

Pada dasarnya masyarakat cukup menyadari akan luasnya kontaminasi BABS. Dan kita harap pemicuan yang kita lakukan menghasilkan STBM maksimal untuk Dusun Sumber Jaya dan Desa Karya Tunas Jaya. Sehingga menciptakan lingkungan yang sehat untuk masyarakat desa. Tambah Herma Yeni, AMK dan Diakhir kegiatan dilakukan peragaan 7 langkah cara cuci tangan pakai sabun dan air mengalir yang diperagakan oleh Asmuliyanti, SKM. Semoga dengan adanya kegiatan ini sedikit demi sedikit masyarakat mau mengubah perilakunya menjadi lebih baik lagi.

Narasumber : ASMULIYANTI, SKM

0 thoughts to “PICU STBM DENGAN TUJUAN STOP BABS INI YANG DI LAKUKAN UPT PUSKESMAS SUNGAI SALAK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *