Skip to main content

PERTEMUAN KEMITRAAN BIDAN DAN DUKUN, PUSKESMAS PULAU KIJANG TAHUN 2019

Dalam rangka menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) serta upaya meningkatkan pelayanan terhadap ibu hamil,ibu nifas dan neonatus, Puskesmas Pulau Kijang melaksanakan kegiatan Pertemuan Kemitraan Bidan dan Dukun di Aula Puskesmas Pulau Kijang, senin, (07/10/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Reteh, Polsek, Danramil, Lurah, Kepala Desa, PKK Kecamatan, Bidan, Dukun paraji dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Ibu Oktaviana Andriyamarta, S.Sos, M.Si selaku Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengatakan ” angka kematian ibu dan bayi di Indragiri Hilir masih tinggi salah satu faktor penyebabnya adalah persalinan yang di tolong bukan dengan tenaga kesehatan dan tidak di fasilitas kesehatan, oleh karena itu semua ibu harus bersalin di fasilitas kesehatan dan tidak boleh lagi bersalin di rumah’’.

Kepala Puskesmas Pulau Kijang Bapak Mustakim,SKM mengatakan ” kegiatan kemitraan bidan dan dukun bayi sebagai upaya untuk meningkatkan akses ibu dan bayi terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan peran dukun bayi dari penolong persalinan menjadi mitra bidan dalam menolong persalinan, sehingga kematian ibu dan bayi dapat dicegah’’.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan antara bidan dan dukun yang diketahui oleh Camat, Polsek, Denramil, Lurah/Kepala Desa dan Kepala Puskesmas Pulau Kijang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *