Skip to main content

PERTAMA KALINYA DI TEMBILAHAN , HANYA RP. 500 RIBUAN SUDAH MENDAPAT JAMBAN SEHAT BAGI WARGA YANG MASIH (BABS)

IMG-20170228-WA0001Untuk hidup sehat tidak lagi harus mengeluarkan biaya yang mahal. Seperti anggapan sebagian masyarakat setiap pasilitas yang bagus harus dihargai dengan biaya yang mahal pula. Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bersama Puskesmas Tembilahan Hulu secara perlahan-lahan dan konsisten menghapus anggapan yang keliru didalam masyarakat tersebut. Tepatnya di Desa Pekankamis, 24/02/ terobosan STBM dalam pembuatan jamban sehat menjadikan Desa ini sebagai Desa percontohan bagi Desa – Desa yang lain dalam membentuk dan merubah perilaku Hidup Bersih dan Sehat khususnya bagi daerah yang masyarakatnya masih buang air besar sembarangan (BABS).

Jamban atau kakus sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pembuatan jamban merupakan usaha masyarakat untuk memelihara kesehatan dengan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi sehat, Dalam pembuatan jamban diharuskan agar jamban tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, terang Anggi kepada MCT Dinkes Inhil melalui sambungan selulernya”.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bapak Sekretaris Kecamatan  Tembilahan Hulu, Bapak H. Arispudin, S.Sos, MSi dengan didampingi Kepala Desa Pekankamis Bpk. Saini beserta Kepala UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu Ibu Rosdinah, S.ST, M.Kes dan tampak juga dari Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Bpk. Yudi Indra, SKM barsama rekannya Bpk. Zulakmal, SKM yang memandu dalam teknik pembuatan struktur jamban sehat ini dan para warga yang sangat antusias membantu pengerjaan jamban.IMG-20170228-WA0000

Dari hasil pemicuan berbasis masyarakat, hanya dengan biaya berkisar Rp. 500 Ribuan telah dibangun satu unit jamban dengan standard kategori jamban sehat, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Tembilahan Hulu sedia meminjamkan cetakan dan memandu secara langsung pembuatan jamban sehat semi permanen bagi warga yang berminat untuk membangun, sebagai awal percontohan Desa Pekankamis Kec. Tembilahan Hulu sabagai pertama kalinya di Tembilahan yang membuat jamban sehat bersama Puskesmas Tembilahan Hulu.

Sumber: Tenaga Promkes Anggita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *