Skip to main content

Penyuluhan Air Bersih, Upt. Puskesmas Sungai Guntung Tahun 2019

Puskesmas Sungai Guntung melakukan Penyuluhan Air Bersih di salah satu tempat pengajian di Jalan Pelajar, Kelurahan Tagaraja Guntung, kamis, (26/12/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat setempat lebih kurang 30 orang.Dalam penyuluhan ini materi di sampaikan oleh Ibu Rosnim br Sipayung, SKM adalah tentang ciri-ciri air bersih dan manfaat air bersih bagi manusia dan lingkungan.

Seperti yang kita ketahui manfaat air bersih bagi manusia dan lingkungan adalah :

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  2. Menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh.
  3. Membersihkan badan .
  4. Membersihkan bahan makanan dan masak.
  5. Untuk membantu pekerjaan sehari-hari.
  6. Untuk irigasi pertanian.
  7. Menjaga ekosistem lingkungan.
  8. Penyuplai energi.
  9. Menghemat Pengeluaran.
  10. Terhindar dari gangguan penyakit seperti diare,kolera,disentri,thypus,kecacingan, penyakit mata, penyakit kulit atau keracunan.

Penanggung Jawab Kesehatan Lingkungan Ibu Rosnim br Sipayung, SKM mengatakan ” Air bersih secara fisik dapat dibedakan melalui indra kita antara lain dapat dilihat, dirasa, dicium dan diraba seperti tidak berwarna, harus bening, jernih, air tidak keruh, harus bebas dari pasir, debu,lumpur,sampah, busa dan kotoran lainnya. Air tidak berasa asin,asam, tidak payau dan tidak pahit, harus bebas dari bahan kimia beracun, air tidak berbau amis,anyir,busuk atau bau belerang’’.

Semoga dengan adanya penyuluhan ini masyarakat menjadi lebih tau apa manfaat dari penggunaan air bersih dan gangguan penyakit apa saja yang bisa terjadi jika kita tidak menggunakan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *