Skip to main content

Penyegaran dan Pembinaan Kader di Desa dan Kelurahan Wilayah Kerja Puskesmas Tembilahan Hulu

13/09/2019. Kader adalah tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Kader kesehatan merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kader, maka Puskesmas Tembilahan Hulu mengadakan pembinaan rutin kader ke masing-masing posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Tembilahan Hulu.

Pada kegiatan ini di ikuti lintas program gizi, P2m, PTM, Kia dan promkes

Kader KIA merupakan pilar utama penggerak pembangunan kesehatan ibu dan anak di suatu wilayah. Dalam hal ini Salah satu perannya adalah menyediakan data faktual kondisi sasaran melalui Sistem Informasi Posyandu (SIP).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat kemampuan kader Posyandu di empat desa yaitu Desa Pekan Kamis, Desa Sialang Panjang, Desa Pulau Palas dan Desa Sungai intan, serta dua kelurahan Tembilahan Barat dan Tembilahan Hulu yang mencakup wilayah kerja UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu dalam menggunakan SIP dan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA).

Penanggung Jawab Promkes Puskesmas Tembilahan Hulu Mengatakan dengan adanya kegiatan penyegaran dan pembinaan kader posyandu ini diharapkan kader tau, mau dan mampu memberdayakan masyarakatnya agar lebih aktif datang ke posyandu guna mendapatkan kesehatan yang lebih optimal, ujarnya.

 

Sumber : Anggita Merry, SKM (Promkes PKM Tembilahan Hulu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *