Skip to main content

PENTINGNYA PENGAWASAN SDIDTK BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK YANG OPTIMAL

02/April/2019. Di dalam perhatian dan pengawasan tumbuh kembang anak se Kecamatan Tempuling di masa dan usia emas (golden period) baik melalui pertumbuhan dan perkembangan otak di dalam berbagai masukan, pembelajaran, pengaruh dari lingkungan sekitar di dalam perihal positif dan negatif. Puskesmas Sungai Salak Kecamatan Tempuling bersama tenaga kesehatan (Nakes) Kelurahan, Desa, dan Pustu melakukan STIMULASI, DETEKSI dan INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG (SDIDTK) pada setiap Taman Kanak-Kanak yang ada di Desa dan  Kelurahan di wilayah kerja tenaga kesehatan/Pustu masing-masing.

“SDIDTK dilaksanakan mengingat golden period adalah masa yang “relatif pendek” dan tidak akan terulang lagi serta orang tua dan keluarga harus memanfaatkan periode yang singkat ini untuk membentuk anak kearah yang positif dengan cara memberikan masukan dan pembelajaran nilai – nilai positif di samping pemberian nutrisi dan gizi seimbang serta pelayanan kesehatan yang maksimal,  ujar Lenni Khairani, Amd. Keb.

Setiap stimulasi yang di laksanakan di sambut antusias oleh orang tua mengingat para orang tua juga ingin tumbuh kembang pada anaknya adalah yang terbaik dan maksimal serta bernilai positif. Seru Lenni Khairani, Amd.keb selaku Bidan yang melakukan SDIDTK di Paud Tunas Muchtari Karya Tunas Jaya.

Hampir secara merata SDIDTK telah kita lakukan di wilayah Kecamatan Tempuling di dampingi mitra Puskesmas yaitu tenaga kesehatan desa dan pustu karena di dalam tumbuh kembang anak perlu adanya stimulasi rutin dan sedini mungkin serta berkelangsungan pada setiap kesempatan. Karena harapan kita bersama orang tua adalah yang terbaik bagi tumbuh kembang anak tanpa harus terganggu dengan berbagai penyimpangan dan gangguan menetap. tutup Kepala Puskesmas Sungai Salak Saiful Ahwan, S. Kep.

Narasumber : Promkes PKM Sungai Salak, ASMULIYANTI, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *