Skip to main content

PENTING, PEMBERIAN VITAMIN A DAN IMUNISASI CAMPAK BERSAMA POSYANDU ANGGUR OLEH PUSKESMAS TELUK PINANG

vit-aBulan Agustus kali ini adalah bulan kedua  dalam pemberian Vitamin A dan juga beriringan dengan pemberian Pin Campak serentak diseluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir sehingga dikenal sebagai Bulan Vitamin A, untuk Wilayah Kabupaten yang sebagian besar geografisnya merupakan daerah perairan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir memastikan dimana seluruh anak yang berusia 6 bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di Posyandu atau Puskesmas terdekat, untuk itu setiap Kepala Puskesmas wajib menghimbau kepada Masyarakat yang berada di wilayah kerjanya untuk mendapatkan Vitamin A dan sekaligus pemberian pin Campak secara gratis di sarana Kesehatan.

Begitu juga yang telah dilakukan oleh Kepala UPT. Puskesmas Teluk Pinang Kecamatan gaung Anak Serka Siti Kodriati bersama tenaga Kesehatan yang ada melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A kapsul biru untuk anak dengan umur 6 – 11 bulan dan Vitamin A kapsul merah untuk anak usia 1 – 5 Tahun dan bersamaan itu pemberian Imunisasi Campak di Posyandu Anggur diwilayah kerja Puskesmas Kelurahan Teluk Pinang. mengingat pentingnya pemberian  Vitamin A bagi kesehatan tubuh, oleh tim pelaksana kegiatan yaitu ibu Aida, Suliyana, Amk, Marya Ofviya, Amd. Keb dan beserta Kader Posyandu lainnya juga menyampatkan memberikan pengarahan akan pentingnya Vitamin A. berikut adalah beberapa manfaat pemberian Vitamin A bagi tubuh diantaranya adalah : dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan mukosa saluran pernafasan, berperan dalam proses perkembangan embrio dan reproduksi. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh.

Suplementasi secara berkala vitamin A dosis tinggi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan terhadap vitamin A, mencegah defisiensi vitamin A, dan untuk membangun cadangan vitamin A dalam hati. Pemberian 200.000 IU (dosisi tinggi) kepada anak usia 6-59 bulan akan memberikan pengaruh pencegahan selama 3 hinggga 6 bulan atau bergantung pada ketergantungan vitamin A dalam bahan pangan dan kecepatan dalam menggunakan vitamin tersebut. Selain itu pemberian vitamin A pada anak memberikan berbagai manfaat, diantaranya mengurangi angka kesakitan, mengurangi angka kematian akibat infeksi campak, diare, mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi, serta mencegah anemia.

vit-a1Selain itu Petugas Tim Imunisasi Campak di Puskesmas Teluk Pinang juga menambahkan Hubungan antara pemberian Vitamin A dan pemberian Imunisasi Campak sangatlah erat bagi kesehatan dan daya tahan tubuh bahwasanya Campak adalah penyakit virus yang sangat menular. Virus campak yang terkandung dalam jutaan tetesan kecil yang keluar dari hidung dan mulut ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Seseorang yang rentan terhadap penyakit campak dapat menangkap virus dengan bernapas, dengan menyentuh permukaan dan kemudian meletakkan tangan di dekat hidung atau mulut.

Penyakit ini adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, ditandai dengan demam, batuk, pilek, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak pra sekolah dan anak-anak SD, meskipun tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa yang belum pernah terkena penyakit ini. Anak yang menderita kurang vitamin A, bila terserang campak, diare atau penyakit infeksi lain, penyakit tersebut akan bertambah parah dan dapat mengakibatkan kematian. Infeksi akan menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap zat-zat gizi dan pada saat yang sama akan mengikis habis simpanan vitamin A dalam tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *