Tempuling, Pangan yang aman dan bermutu merupakan hak asasi setiap manusia Tidak terkecuali pangan yang dihasilkan oleh Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dan dijelaskan dalam UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan pasal III ayat I menyatakan bahwa makanan pada standar atau persyaratan kesehatan.

(8/3/2018) telah dilakukan pemeriksaan IRTP oleh Sri Nurhidayah, Amd. Keb dan Herma Yeni, Amk kepada pemilik pabrik tahu, keripik tempe, keripik pisang, tapai dan keripik sagu terasi. Sri Nurhidayah, Amd. Keb mengatakan bahwa pemeriksaan ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 dan ada sekitar 30 pemilik IRTP diwilayah upt. Puskesmas Sungai Salak, tetapi yang sudah memiliki PIRTP hanya ada 3.

Selama proses pendataan dan pemeriksaan ini berlangsung pemilik IRTP sudah mulai memahami betapa pentingnya proses keamanan pangan. Dengan adanya pemeriksaan IRTP ini diharapkan masyarakat dapat mengkonsumsi makanan dan minuman sesuai standar kesehata, Sebenarnya tujuan dasar pemeriksaan ini adalah agar pemilik IRTP membuat surat izin PIRTP sesuai standar yang terdaftar di BPOM.

promkes Sungai salak: Asmuliyanti, SKM

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini