Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, UPT. Puskesmas Pengalihan Keritang melakukan pemeriksaan IVA di Pustu Desa Pancur Kecamatan Keritang, sabtu ( 29/06/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Tenaga Kesehatan, Bidan Kordinator, dan Ibu-ibu yang akan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan IVA ( Inveksi Visual Asam Asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim ( serviks ) dengan cara melihat langsung ( dengan mata telanjang ) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5 %.

Bidan koordinator ibu Rosmiat, Amd. Keb menjelaskan pemeriksaan IVA penting di laksanakan karena merupakan pemeriksaan akurat untuk mendeteksi kanker serviks pada fase prankanker karena selain kanker payudara, kanker serviks / leher rahim adalah penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia. Adapun syarat untuk mengikuti pemeriksaan IVA adalah :

  1. Sudah Menikah ( Sudah pernah melakukan hubungan seksual)
  2. Tidak sedang datang bulan ( Haid).
  3. Tidak boleh melakukan hubungan seksual 24 jam sebelum pemeriksaan.
  4. Tidak sedang hamil.

Pemeriksaan IVA di Pustu Desa Pancur yang telah dilakukan ada sebanyak 21 orang, meskipun terkadang ibu-ibu enggan melakukan pemeriksaan karna merasa malu dan takut. Namun dukungan dari keluarga, pemerintah dan instansi terkait lainnya diharapkan mampu menggerakan perempuan untuk semakin menjaga kesehatan diri.

Kepala UPT. Puskesmas Pengalihan Keritang Ibu Nurjihan, S.Kep mengatakan ” dengan adanya pemeriksaan IVA hari ini  semoga kesehatan reproduksinya bisa terpelihara setiap harinya’’.

Semoga dengan adanya deteksi dini bisa meminimalisir penderita kanker serviks dan juga mempermudah pengobatan kepada penderita yang diketahui sejak stadium awal.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini