Skip to main content

Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kader Posyandu dan Petugas Kesehatan

Foto : DOK.UPT Puskesmas Pelangiran

KPM adalah warga masyarakat Desa yang dipilih melalui musyawarah Desa untuk bekerja membantu pemerintah Desa dalam memfasilitasi masyarakat Desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan sumberdaya manusia di Desa. Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melakukan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kader Posyandu dan Petugas Kesehatan dengan tema “Cegah Stunting Itu Penting” diberbagai Kecamatan.

Pembinaan ini dilakukan dalam upaya untuk mengingatkan kembali tentang tugas dan fungsi KPM di Desa, yaitu salah satunya Mensosialisasikan kebijakan konvergensi pencegahan stunting di Desa kepada masyarakat di Desa, termasuk memperkenalkan tikar pertumbuhan untuk pengukuran panjang/tinggi badan baduta sebagai alat deteksi dini stunting.

Memfasilitasi suami ibu hamil dan bapak dari anak usia 0-23 bulan untuk mengikuti kegiatan konseling gizi serta kesehatan ibu dan anak. Memfasilitasi masyarakat Desa untuk berpartisipasi aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program/kegiatan pembangunan Desa untuk pemenuhan layanan gizi spesifik dan sensitif.

Melaksanakan koordinasi dan/atau kerjasama dengan para pihak yang berperan serta dalam pelayanan pencegahan stunting, seperti bidan Desa, petugas puskesmas (ahli gizi, sanitarian), guru PAUD dan/atau perangkat Desa.

Foto: DOK.UPT Puskesmas Sungai Guntung

Pembinaan ini dilakukan diberbagai kecamatan seperti di Puskesmas Pelangiran dan Puskesmas Sungai Guntung, tujuan pembinaan ini untuk pencegahan dan penanganan stunting yang ada di Kab. Indragiri Hilir. perlu dilakukan kerjasama antara Desa dan lintas sektor serta peran Puskesmas untuk terus membina Kader yang telah dipilih untuk melaksanakan pencegahan dan penanganan stunting.

Pembinaan ini juga bertujuan untuk lebih meningkatkan daya pengetahuan KPM dalam pencegahan dan penanganan stunting agar saat pendataan yang dilakukan Kader tidak terjadi salah penginputan data saat melakukan posyandu yang dilakukan disetiap masing-masing kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *