Skip to main content

Pembinaan dan Evaluasi Mutu Layanan Untuk Capaian Program Akreditasi

Foto : UPT Puskesmas Tembilahan Hulu

Kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Mutu Layanan yang dilakukan di Puskesmas Tembilahan Hulu Kab. Indragiri Hilir. Kegiatan dilakukan di Aula Puskesmas pada hari Senin (11/12/2021) dengan tetap melakukan Protokol Kesehatan.

Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan. Puskesmas dituntut untuk memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan.

Untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas, serta dapat memuaskan masyarakat, maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan harus dikelola secara baik yang dimulai sejak saat perencanaan, penggerakan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan dan penilaian untuk menghasilkan output yang efektif dan efisien pada semua kegiatan di Puskesmas.

Pembinaan yang dilakukan adalah evaluasi dari mutu layanan di Puskesmas untuk menunjang akreditasi. Untuk program akreditasi salah satu hal yang penting dilakukan adalah melengkapi dokumen akreditas setiap kegiatan yang berjalan perlu melakukan dokumentasi dan mencatat setiap kegiatan dengan baik.

Salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan Puskesmas dilakukan dengan akreditasi. Tujuan diberlakukannya akreditasi Puskesmas adalah untuk membina Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *