Skip to main content

PEMBENTUKAN DAN PELATIHAN KADER KESEHATAN REMAJA (PEER COUNSELOR), PUSKESMAS SUNGAI SALAK TAHUN 2019

Puskesmas Sungai Salak melaksanakan kegiatan Pembentukan dan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (PEER COUNSELOR) di Aula Puskesmas Sungai Salak, kamis, (12/09/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kepolisian, Kepala Sekolah SMAN 1 Tempuling, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Darussalam, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Nurul Hidayah beserta Guru BP/UKS dan 30 Kader Siswa.

Dalam pelatihan ini materi yang disampaikan adalah tentang kenakalan remaja yang disampaikan dari pihak kepolisian, kesehatan reproduksi remaja oleh Ibu dr. Nur Aisarina, gizi remaja oleh ibu Nelly,Amg dan materi tentang PKPR ( Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) oleh Ibu Ari Rahmawati, Amd.Keb.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penyediaan pelayanan kesehatan remaja yang berkulitas, meningkatkan pemanfaatan puskesmas oleh remaja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam pencegahan masalah kesehatan khusus pada remaja, meningkatkan keterlibatan remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan remaja.

Menurut Kepala Puskesmas Sungai Salak melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) Bapak Azmir, SKM mengatakan ” periode masa remaja itu merupakan masa yang sangat penting dimana remaja berada dalam masa transisi/peralihan dari masa anak-anak ke remaja, banyak kita temui masalah kesehatan yang sangat kompleks, secara fisik remaja dapat dikatakan sudah matang tetapi secara psikis/kejiwaan belum matang oleh karena itu sangat penting sekali remaja mendapatkan informasi-informasi tentang kesehatan seperti kesehatan reproduksi, gizi remaja, PKPR, dan tentang kenakalan remaja yang kaitannya nanti dengan dunia kriminal, maka dari itu kita menghadirkan narasumbernya dari pihak kepolisian’’.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, para kader siswa bisa mengajak teman-temanya untuk melakukan hal-hal yang positif agar terhindar dari kenakalan remaja yang bisa menyebabkan dirinya terkait dalam dunia kriminal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *