Skip to main content

Pelayanan Puskesmas Tidak Tutup, Namun Pelayanan Dialihkan Ke Puskesmas Lain

Tampak Depan Puskesmas Tembilahan Hulu

TEMBILAHAN – (15/07/2021)
Kasus Positif Covid-19 belum berhenti di Indonesia, terutama di Kabupaten Indragiri Hilir, Tidak hanya masyarakat namun khususnya Tenaga Kesehatan juga banyak yang terpapar Covid-19.

Jika salah satu Nakes (Tenaga Kesehatan) yang terpapar Covid-19 atau diduga Positif, dapat menimbulkan kendala seperti salah satu Puskesmas Gajah Mada yang diduga Nakes nya terkonfirmasi sehingga membuat pelayanan dialihkan ke puskesmas lain.

Pengalihan pelayanan tersebut tidak berarti membuat Puskesmas harus tutup total hanya pelayanan yang menjadi kendala saja dialihkan ke Puskesmas lain yaitu pelayanan Persalinan.

Puskesmas Gajah Mada mengalihkan Pelayanan ke Puskesmas Tembilahan Hulu terutama Pelayanan Bersalin dibenarkan oleh Bidan Zola Kepala Ruangan Persalinan Puskesmas Tembilahan Hulu.

“Zola Juga mengatakan peralihan layanan persalinan dimulai sejak tanggal 10 Juli sampai dengan 20 Juli. Alur pelayanan persalinan tetap sama walaupun sedang dialihkan”

“Untuk menghindari kendala yang sama penyaringan pasien di informasi akan lebih ditegaskan, jika perlu pasien yang hendak bersalin perlu dilakukan pemeriksaan swab jika ada keluhan seperti batuk, sesak nafas, atau pilek. itu dilakukan gunanya untuk mencegah penularan”.

“Dalam sebulan terakhir pasien yang banyak berobat di Puskesmas Tembilahan ini adalah pasien dengan Hipertensi dan Diabetes melitus” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *