Skip to main content

PELATIHAN DOKTER KECIL DI SDN 014 DESA SAPTA JAYA KECAMATAN PULAU BURUNG

Puskesmas Pulau Burung mengadakan kegiatan Pelatihan Dokter Kecil di SDN 014 di Desa Sapta Jaya Kecamatan Pulau Burung, senin, (23/09/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Pulau Burung,Kepala Sekolah SDN 014, 2 orang peserta dari perwakilan masing-masing sekolah dasar dan beserta Guru pembimbing/Guru UKS.

Masalah kesehatan yang di alami anak usia sekolah bervariasi. Di dalam program usaha kesehatan sekolah (UKS) terdapat program dokter kecil (DOKCIL). Mencetak dokter kecil tentu tidak sembarang, memerlukan pelatihan yang di sebut pelatihan dokter kecil yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membangun sikap positif bagi peserta didik.

Dalam pelatihan dokter kecil, materi disampaikan oleh dr.Bagus Indra Cahaya dari Puskesmas Pulau Burung, materi yang disampaikan adalah tentang program dokter kecil diantaranya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Kesehatan Lingkungan, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah.

dr.Bagus Cahaya mengharapkan ” peserta pelatihan mampu menerapkan ilmu yang telah di dapat kepada teman-teman sebayanya, kemudian juga diharapkan mampu menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dan juga bagi Guru-guru pembimbing UKS yang hadir diharapkan dapat memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung untuk pelaksanaan kegiatan dokter kecil di sekolah’’.

Diakhir kegiatan diadakannya demo perawatan luka dan demo Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *