Skip to main content

Pelatihan CAREGIVER Untuk Kelangsungan Hidup Lansia

PENGALIHAN ENOK
CAREGIVER adalah seseorang yang memiliki profesi melayani (merawat) orang tua/orang sakit meliputi melayani kebutuhan fisik (aktivitas mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi seperti kebutuhan personal hygiene, eliminasi, mobilisasi), kebutuhan medis seperti minum obat, terapi fisik, kebutuhan social (menjadi teman bicara).

Pelatihan Cargiver merupakan pelatihan yang merupakan salah satu program kesehatan Lansia yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Pengalihan Enok dan menghadirkan 16 orang Caregiver dari perwakilan 5 desa Selasa (02/08/2022).

Dok. UPT Puskesmas Pengalihan Enok

Mustika Dwi sebagai Penanggung Jawab Program Kesehatan Lansia menjelaskan orang yang bisa menjadi Caregiver adalah orang yang mempunyai lansia dirumahnya yang memang butuh orang lain dalam melakukan kegiatan sehari – hari.

Kita latih selama beberapa hari di Puskesmas agar nanti bisa merawat lansia khususnya lansia yang memang memiliki kategori sedang, berat dan total dirumahnya. Untuk mengetahui kategori tersebut harus di screening dulu tentunya sambungnya lagi.

Dok. UPT Puskesmas Pengalihan Enok

“Baihaqi, SKM. M. Kes Kepala Puskesmas Pengalihan Enok juga menambahkan kegiatan pelatihan ini dilakukan tentu saja banyak manfaatnya, salah satunya adalah menambah pengetahuan Caregiver bagaimana cara merawat lansia yangg benar, bagaimana gizinya, mandinya, perawatan rambutnya, giginya, apa yang harus dilakukan saat terjadi kegawatan daruratan pada lansia sebelum dirujuk ke fasilitas layanan kesehatan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *