Skip to main content

PEDULI TB, UPT. PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG MENGADAKAN SOSIALISASI EDUKASI TB CARE KELUARGA

TBC merupakan salah satu penyakit menular yang cepat penularannya, yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Adapun gejala-gejala yang ditimbulkan adalah :

  • Batuk + 2 minggu (berdahak maupun tidak berdahak atau bahkan bercampur darah)
  • Demam yang disertai meriang berkepanjangan
  • Sesak nafas dan nyeri dada
  • Berkeringat dingin (terutama pada sore dan malam hari)
  • Badan lemas dan nafsu makan berkurang dan
  • Berat badan menurun

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Kecamatan Kateman agar lebih peduli dan tanggap terhadap penyakit TBC, UPT Puskesmas Sungai Guntung mengadakan Sosialisasi Kelas Edukasi TB Care Keluarga dengan melibatkan masyarakat dan pasien penderita TB serta anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) 03 Kateman.

Kepala UPT. Puskesmas Sungai Guntung Zainuddin, SKM, MM mengatakan Drop out atau stop minum obat sebelum waktunya membuat tidak tuntasnya pengobatan tuberculosis atau TBC. Cara seperti ini pun berpotensi memicu TB MDR (Multi Drug Resistence). untuk menghindari ini, Maka edukasi sangat penting diberikan pada pasien TB. Hanya saja, kadang ada pasien yang hanya mengiyakan ketika diberikan edukasi tapi pada praktiknya, pasien tidak mengindahkan anjuran untuk patuh minum obat.

Kegiatan edukasi ini di adakan agar masyarkat dapat ikut berperan aktif menyebarluaskan informasi tentang TB dan juga dapat di ajak berperan sebagai pengawas menelan obat (PMO) agar penderita TB disiplin menelan obat, serta ikut beperan mencari terduga TB dilingkungan tempat tinggalnya untuk diajak memeriksakan dan berobat ke puskesmas, Dengan adanya kegiatan edukasi ini masyarakat jadi paham dan mengetahui, dan peduli dalam mencegah penularan penyakit TBC.

NARASUMBER : MUHAMMAD RUDINI, SKM (PROMKES Sungai Guntung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *