Skip to main content

PEDULI PASIEN KUSTA PETUGAS PUSKESMAS ENOK LAKUKAN KUNJUNGAN LANGSUNG KE RUMAH

1Enok – Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit berbahaya dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, anggota gerak dan juga mata. Sering penderita kusta datang ke fasilitas pelayanan kesehatan sudah dalam keadaan terlambat dan cacat, padahal penyakit kusta sebenarnya dapat disembuhkan tanpa harus disertai kecacatan. Kuncinya adalah pengobatan secara tepat dan tuntas. Masyarakat sering mengabaikan gejala awal kusta, yakni bercak putih pada kulit yang mirip seperti panu. namun yang membedakannya adalah panu biasanya disertai gatal, sedangkan pada kusta relatif tidak berasa. ketidakterasaan  atau mati rasa pada gejala kusta inilah yang sering diabaikan oleh penderita. Gejala kusta jika terus dibiarkan penyakit akan terus berkembang dan bisa memicu kebutaan, tangan dan kaki mati rasa, bahkan penderita kusta yang parah.

dr. Nurkhairani dan beberapa orang Petugas Puskesmas Enok mengunjungi pasien penyakit kusta di kediaman ibu Mardiana jalan pendidikan kecamatan enok pada rabu, 22/03/17. Kunjungan ini dalam rangka kepedulian terhadap pasien kusta Arhap (18) tahun.

“Tidak ada diskriminasi penderita kusta. Penyakit lepra (kusta) adalah penyakit yang bisa disembuhkan, yang  penting mau berobat ke puskemas nanti kita bantu agar cepat sembuh dan bagaimana penggunaan obtnya” jelas dr. Nurkhairani.

dr. Nurkhairani menyampaikan rasa kasih sayang dan simpatinya kepada penderita kusta, saya sengaja datang langsung ke rumah untuk melihat kondisi pasien, Yang pernah terkena lepra saya anggap sama dengan yang tidak pernah lepra, tidak ada bedanya sembari memberi semangat pada penderita kusta dan mengingatkan agar tidak perlu takut,” tambahnya.

kusta 00Beliau juga mengingatkan jika ada anggota keluarga yang terindikasi menderita kusta agar segera diperiksakan,’secepatnya periksa kedokter karena lepra bisa di obatai”katanya jngan takut, jangan merasa malu untuk datang berobat. kunjungan ini didampingi oleh bidan romi dan salah seorang petugas promkes di pkm enok, keluarga Arhap menyambut baik kunjungan dr. Nurkhairani bersama petugas puskesmas enok. beliau berterimakasih karna sudah bersedia datang mengunjungi Arhap yang sedang sakit dan memeriksakan keadaan Arhap serta memberikan semangat untuk kesembuhan Arhap. dr. Nurkhairani membujuk keluarga dan orang tua untuk diberikan pengobatan kepada Arhap, saat ini Arhap masih dalam pemantauan petugas kesehatan hingga Arhap bisa sembuh kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *