Semakin mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan bekerjasama terhadap semua lini yang bersumber daya dari masyarakat yang di kelola oleh dan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Puskesmas Sungai Salak Kecamatan Tempuling telah membentuk Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) di Kelurahan Sungai Salak kecamatan Tempuling (23 /01/ 2019).

Pembentukan Pokjanal Posyandu di pimpin langsung Kepala Puskesmas Sungai Salak Saiful Ahwan di dampingi donatur Posyandu (Sukamto), Lurah Sungai Salak (Suardi), Babinsa Sungai Salak (Mistar), RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan PKK, serta Kader Posyandu.

“Pembentukan Pokjanal Posyandu pada dasarnya untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan dasar kesehatan” ujar Kepala Puskesmas Saiful Ahwan, S. Kep”

Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang di bentuk atas dasar kebutuhan masyarakat dengan bimbingan petugas kesehatan, lintas sektor, dan beberapa lembaga terkait yang berkedudukan di kelurahan maupun desa dan fungsinya sangat besar terhadap beberapa keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan dan pengelolaan posyandu dan kader Posyandu adalah anggota masyarakat yang di pilih, bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk mengelola posyandu secara efektif.

“kemarin sudah kita bentuk kepengurusan Pokjanal Posyandu Kecamatan Tempuling seperti Pembina, Ketua, Sekretaris, Bendahara dan 6 bidang sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan yang ada seperti bidang kelembagaan, pelayanan kesehatan dan Keluarga Berencana, komunikasi informasi dan edukasi, SDM, serta bina program. Semoga ini semakin menunjukkan maksimalnya pelayanan Puskesmas Sungai Salak terhadap masyarakat yang bekerjasama dengan Pokjanal Posyandu.” tutup Suardi, selaku Lurah Sungai Salak.

Sumber : ASMULIYANTI, SKM (Promkes Sungai Salak)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini