Skip to main content

OPTIMALKAN ERA DIGITAL, DINAS KESEHATAN BANGUN TOWER UNTUK MENUNJANG PELAYANAN DIPUSKESMAS

Pesatnya perkembangan Iptek berbasis digital saat ini perlu dimanfaatkan oleh berbagai bidang, tidak terkecuali bidang kesehatan, dari tahun 2016 s/d saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri hilir melalui media center mengembangkan system pengumpulan, pengelolahan, serta penyajian data melalui sebuah aplikasi berbasis web base dinamis yang fungsinya sebagai alat untuk menyajikan informasi kesehatan khususnya Kabupaten Indragiri Hilir.

Aplikasi tersebut diberi nama DMAC-HD ( Digital Media Analitic Center- Health Distric ) untuk menunjang kelancaraan penggunaan aplikasi tersebut ditahun 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir membangun tower infrastruktur jaringan intranet yang berfungsi sebagai sarana penunjang akses dari Upt Puskesmas ke Dinas Kesehatan begitupun sebaliknya, sehingga tidak terlambat akses data terkumpul.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin saat dikonfirmasi oleh Media Center Tim (MCT) mengungkapkan saat ini sudah 15 puskesmas di Inhil yang sudah menerapkan Aplikasi Simpus (Sistem Informasi Menajemen Puskesmas).

“Aplikasi Simpus bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat”, ungkap Zainal Arifin

Lebih lanjut Zainal Arifin menjelaskan tower triangle yang dibangun berfungsi sebagai media untuk meletakkan radio wireless yang akan menghubungkan dari satu titik lokasi ke titik lainnya dan suatu jaringan intranet.

“Dengan berfungsinya komunikasi di semua upt puskesmas diharapkan akan lebih valid data yang terkumpul”, tambahnya

“Disamping memperlancar penggunaan aplikasi Simpus dan komunikasi data, jaringan yang telah dibangun dapat juga dimanfaatkan untuk kegiataan lainnya seperti , teleconference untuk rapat online, volp untuk telepon via intranet”, tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *