Skip to main content

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA ( MMD) PUSKESMAS SUNGAI PIRING DI DESA GEMILANG JAYA

Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik dengan menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri (SMD), Sehubungan dengan hal tersebut Puskesmas Sungai Piring mengadakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Kantor Desa Gemilang Jaya, jumat (21/06/2019)

Dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Kepala Desa, Ibu-ibu PKK, Kader Kesehatan, Bidan Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat setempat.

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Tujuan dari Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD) adalah :

  1. Masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya.
  2. Masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Poskesdes.
  3. Masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, melaksanakan serta menindaklanjuti permasalahan kesehatan yang terjadi di wilayahnya.

Adapun salah satu hasil dari Musyawarah Masyarakat Desa Pukesmas Sungai Piring adalah Kepala Desa mendukung kegiatan kesehatan yang alokasi dananya bisa di ambil dari Dana Desa.

Menurut Kepala Puskesmas Sungai Piring Ibu HJ.Nuraf’ni,S.Tr.Keb mengatakan ” kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa ini di harapkan masyarakat bersama-sama bisa dan mampu mengatasi masalah kesehatan karna sudah ada Bidan Desa yang menetap selama 24 jam.

Semoga dengan adanya Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) permasalahan tentang kesehatan yang ada cepat terselesaikan dan tentunya agar kesehatan masyarakat semakin meningkat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *