Skip to main content

Menjelang Masa Keberengkatan, Puskesmas Pengalihan Enok Terus Lakukan Pembinaan Pada Calon Jema’ah Haji

Puskesmas Pengalihan Enok melakukan Pembinaan Masa Keberangkatan pada jemaah haji, Senin (23/12/2019) yang dihadiri oleh Bidan Koordinator Puskesmas Hj. Ayu Leningsih, S.ST mewakili Kepala Puskesmas dan Penanggung Jawab Program Kesehatan Haji Syamsinar, AMK serta Tenaga kesehatan puskesmas Pengalihan Enok yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini Penanggung Jawab Program Kesehatan Haji puskesmas Pengalihan Enok Syamsinar, AMK menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya kepada Jemaah haji, melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan yang baik agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan aman sesuai dengan tuntutan ajaran Agama Islam.

Penyelenggaraan kesehatan haji bertujuan untuk mencapai kondisi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, mengendalikan faktor risiko kesehatan haji, menjaga agar jemaah haji dalam kondisi sehat selama di Indonesia, selama perjalanan, dan saat melakukan ibadah haji sampai saat pulang kembali ke indonesia, serta mencegah terjadinya transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar dan atau masuk oleh Jema’ah Haji dan memaksimalkan peran serta masyarakat dalam Penyelenggaraan Kesehatan Haji.

Hj. Ayu Leningsih, S.ST dalam sambutannya mengharapkan semua Jema’ah Haji dapat mengikuti acara ini dengan baik sehingga bermanfaat untuk semua jemaah haji yg akan berangkat. Dan beliau mendoakan semoga jemaah sehat selamat berangkat dan pulang kembali ke tanah air.

H. Mohammad Taslim, SKM staf Dinas Kesehatan Indragiri Hilir selaku pemateri pada kegiatan ini juga menjelaskan bahwa Puskesmas Pengalihan Enok melakukan Pembinaan terhadap Jema’ah Calon Haji tahun 2019 ini rutin setiap 6 bulan di Puskesmas Pengalihan Enok baik bagi calon jema’ah haji yang masih dalam masa tunggu, maupun yang dalam masa keberangkatan, harapannya agar calon jema’ah haji pada masa tunggu dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin serta pengukuran kebugaran setiap tiga bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *