Skip to main content

“Menjaga Kebutuhan Gizi Anak” Dengan Melakukan Penyuluhan Gizi Seimbang

UPT Puskesmas Pengalihan Enok melaksanakan Penyuluhan Gizi Seimbang di 23 Sekolah Dasar Wilayah kerjanya. Karena pada saat ini beberapa anak-anak Mengalami permasalahan gizi Kurang dan gizi lebih (obesitas). Adanya kondisi double burden malnutrition yang terjadi saat ini dapat disebabkan oleh perilaku makan yang tidak bergizi seimbang dan kebiasaan hidup yang tidak sehat.

Menurut Kepala Puskesmas Pengalihan Enok, Baihaqi,SKM,M.Kes Kegiatan ini ditujukan kepada para orang tua agar mereka bisa  memahami pentingnya gizi seimbang terutama pada anak-anak untuk mencegah terjadinya permasalahan gizi tersebut.

Masa kanak-kanak merupakan masa yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh para orangtua untuk menjaga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat dan cerdas. Oleh karena itu para orangtua harus memperhatikan asupan gizi untuk anak-anaknya,tambahnya.

Disamping seimbang, pemberian gizi pada anak harus tepat. Yaitu tepat kombinasi gizinya. Artinya semua kebutuhan zat gizinya terpenuhi dengan kombinasi dan susunan yang tepat. Kemudian, tepat porsinya. Artinya porsi makanan yang diberikan berdasarkan kebutuhan tubuhnya atau sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian. Lalu, tepat dengan tahap perkembangan anak. Artinya makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kalori anak berdasarkan usia dan berat badan anak.

Jika kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi maka anak akan mengalami kekurangan gizi. Atau sebaliknya, jika anak mengalami kelebihan energi maka anak akan mengalami kegemukan atau obesitas. Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, diabetes maupun penyakit degeneratif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *