Skip to main content

Mengapa Pembangunan Bidang Kesehatan Sangat Penting Bagi Indragiri Hilir?

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Indragiri Hilir sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Afrizal Darmawan, pembangunan bidang kesehatan berhubungan dengan peningkatan sumber daya manusia. Jika pembangunan ksehatan tidak baik, maka sumber daya manusia di indragiri Hilir ini juga tidak baik. Faktor emotional quality (EQ), kecerdasan, dan pendidikan itu asal mulanya dari kesehatan.

“Kesehatan saat masih bayi, kesehatan saat masih dalam kandungan, hal tersebut berhubungan dengan sumber daya manusia. Indeks pembangunan manusia itu berasal dari kesehatan dulu.” ungkap Afrizal Darmawan saat ditemui reporter MCT di rumah dinasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Afrizal Darmawan menjelaskan, saat ini Indragiri Hilir sangat membutuhkan bantuan dana dari pusat untuk pembangunan bidang kesehatan, misalnya :

  • sarana dan prasarana, karena kebanyakan kondisi puskesmas yang ada dinIndragiri Hilir bisa dibilang tidak layak lagi untuk melayani masyarakat. Contohnya puskesmas di Sapat, Pelangiran dan Teluk Blengkong. puskesmas-puskesmas tersebut memerlukan bangunan yang baru karena bangunan yang lama sudah rusak dan tidak layak lagi digunakan.
  • pembangunan laboratorium kesehatan daerah (labkesda), karena laboratorium ini belum berfungsi secara maksimal dan masih kekuarangan sarana. Padahal di tempat terssebut banyak yang bisa dikembangkan untuk menambah pendapatan daerah, misalnya pemeriksaan darah, lingkungan dan air.
  • Perlu juga dipikirkan untuk membangun sebuah rumah sakit pratama di daerah Kotabaru misalnya. Karena lokasinya sangat strategis untuk dibangun sebuah rumah sakit pratama. Meskipun sudah ada rumah sakit tipe D di Guntung, Pulau Kijang dan Rumah Sakit di Tembilahan, yaitu Rumah Sakit Puri Husada.

Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Afrizal Darmawan berharap pembangunan di bidang kesehatan bisa direalisasikan dengan bantuan dana dari pemerintah pusat. Selain itu, pembangunan sarana dan prasarana juga ada yang terpaksa dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *