MENEMBUS BATAS PERJALANAN BERLIKU TETAP MEMBERIKAN HAK PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU

IMG-20170331-WA0009Posyandu Rambutan terletak di Sungai Dusun Kecil melewati jalan perkebunan sawit dan kelapa dimana jika musim penghujan datang maka jalan tidak bisa dilewati menggunakan kenderaan roda dua, jadi hanya bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki sementara kenderaan ditinggal di kebun masyarakat, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat petugas kesehatan Puskesmas Sungai Piring untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan di Posyandu Rambutan.

Akses jalan dimusim penghujan menjadi kendala sebagian masyarakat untuk datang ke Posyandu Rambutan ini. Menurut Wati masyarakat setempat menjelaskan jika hujan turun maka jalan akan sulit dilewati, hal itu bisa membuat mereka malas untuk pergi ke Posyandu.

“Biasanya jika hari tidak hujan ramailah ibu-ibu datang, yang di pelosok-pelosok kebun juga datang”, terang wati.

Sementara itu menurut penjelasan Tuti Auliyah,SKM selaku tenaga promosi kesehatan (promkes) Puskesmas Sungai Piring akan tetap memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan meski hanya sebagian ibu-ibu yang datang kesini, karena kita lihat masih terdapat ibu-ibu yang membawa dot berisi susu formula padahal umur balitanya ada yang baru berusia 3 bulan. Pada masa seperti ini ASI Eksklusif sangat baik untuk diberikan kepada anak, karena ASI merupakan sumber nutrisi pada bayi. Komposisi yang terkandung didalam ASI menunjang tumbuh kembang bayi apalagi terdapat kandungan antibodi alami yang dapat membantu dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi. Bahkan ASI lebih dikenal luas sebagai nutrisi yang lengkap yang dapat memberikan dukungan untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan bayi sehingga dengan demikian pemberian ASI pada bayi sangat penting untuk diberikan. Untuk itu kita memberikan penyuluhan tentang ASI Eksklusif dan manfaatnya.

“Semoga penyuluhan hari dapat bermanfaat bagi masyarakat, kita ingin ibu-ibu dirumah menjadi pelopor kesehatan bagi anak-anaknya,”harapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *