Skip to main content

Melalui MMD, PKM Sungai Guntung Ajak Masyrakat Mengenal Masalah Kesehatan

Puskesmas (PKM) Sungai Guntung melaksanakan kegiatan Musyawarah Masyarat Desa (MMD) di 3 kelurahan dan 8 desa, Kamis (12/12/2019).

MMD adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas dan menindaklanjuti hasil Survey Mawar Diri (SMD) serta hasil pendataan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS PK).

Kepala PKM Sungai Guntung, Zainuddin, SKM, M.M mengatakan bahwa, melalui MMD masyarakat dapat mengetahui apa saja masalah kesehatan yang ada dan ikut berpartisipasi dalam penanggulangan masalah kesehatan yang ada di desanya.

“Kegiatan ini merupakan dasar untuk menyusun rencana usulan kegiatan Puskesmas tahun 2020, tujuan kegiatan ini agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, serta masyarakat ikut dan sepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa, dan masayarakat juga yang menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatannya masing-masing,” ujarnya.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan MMD ini diantaranya perwakilan dari Puskesmas 4 orang, Lurah dan Kades, Tim PKK Kelurahan atau Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan kader Posyandu.

“Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisis dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui survey,” tutupnya.(ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *