Skip to main content

LOKAKARYA MINI UPT PUSKESMASS CONCONG MENGHASILKAN BEBERAPA KEPUTUSAN BERSAMA

DSCF7118Concong Luar – Rabu (24/05/17) Upt Puskesmas Concong  menggelar Lokakarya mini  yang dilaksanakan di Aula Puskesmas. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Concong Antoni Siregar S.Pd. Acara yang dihadiri oleh lintas sektor se-Kecamatan concong tersebut, selain bertujuan memaparkan kegiatan dan capaian yang telah dilakukan puskesmas, juga untuk mengkaji hasil kegiatan kerja sama lintas sektor dan tersusunnya rencana untuk kedepannya untuk keberhasilan pembangunan kesehatan serta membahas masalah dan hambatan untuk merumuskan masalah tersebut.

Pada kesempatan itu Kepala UPT Puskesmas Concong Rudiyanto S. Kep memaparkan kontribusi apa yang diharapkan dari lintas sektor guna mendukung pencapaian target. Menyampaikan jumlah pasien rawat jalan, maupun rawat inap, serta keberhasilan memenuhi program-program wajib puskesmas. Ada beberapa yang menjadi prioritas masalah di puskesmas salah satunya yaitu masih rendahnya cakupan ibu hamil di fasilitas kesehatan.

“Rendahnya cakupan ibu hamil di faskes disebabkan rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang pentingnya persalinan di faskes serta masih tingginya tingkat kepercayaan mereka kepada dukun kampung“ katanya sambil menampilkan slide penyebab masalah dengan diagram fish bone.

Antoni Siregar dalam hal itu sangat menyambut baik materi yang dipaparkan oleh kepala UPT Puskesmas Concong, bahkan siap memfasilitasi serta mendukung penuh dalam penyelenggaraan kesehatan di wilayah concong. Dan beliau menambahkan bahwa pentingnya lokakarya mini ini.

“Memang kegiatan ini penting bagi seluruh pihak yang merupakan wadah/media koordinasi dan komunikasi, karena memang perlu membangun kordinasi lintas sektor. Dan tujuannya pun jelas sekali agar  masalah kesehatan yang terhambat cepat terselesaikan”, terangnya

Acara berlangsung cukup lama mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 dengan beberapa kesepakatan yaitu 1. Menjalin kemitraan dengan dukun kampung, 2. Seluruh petugas UPT Concong membantu bekerja sama lintas sektor dengan baik, 3. Mou Imunisasi. Kesepakatan tersebut di tandatangani pihak terkait dan di ketahui oleh Antoni Siregar selaku camat dan kegiatan ini ditutup dengan makan bersama.

Editor : Inda Oktari, SKM petugas promosi kesehatan Upt. Puskesmas Concong Luar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *