Skip to main content

LAKUKAN DETEKSI DINI LEWAT IVA TEST DAN SADANI , PUSKESMAS CONCONG OPTIMIS TURUNKAN ANGKA KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA

ssffsfsConcong, 10/04/17. Dalam usaha pencegahan sejak dini kanker serviks dikalangan perempuan usia 30-50 tahun. Dinas kesehatan menerapkan target dari pemerintah pusat untuk melakukan pemeriksaan IVA test kepada masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir. Dinas kesehatan Kab. Inhil ditargetkan untuk  melakukan pemeriksaan IVA test sebanyak ±9.000 jiwa, dengan itu dinas kesehatan merealisasikan target dengan masing – masing kecamatan ±300 jiwa dan oleh karena itu Dinas Kesehatan mengerahkan tenaga kesehatan yang ada di masing masing puskesmas.

UPT Puskesmas Concong dengan itu bekerjasama dengan Ibu – ibu penggerak PKK melakukan pemeriksaan IVA dan SADANI di Ruangan Puskesmas. Pelaksanaannya dilaksanakan 2 hari yaitu tanggal 7-8 April oleh ibu Dokter dan dibantu Bidan dan juga kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Camat yang jga didampingi Ibu Camat serta Ibu lurah. Meski pelayanan ini diberikan secara gratis namun kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri dinilai tergolong rendah. Kebanyakan masyarakat masih malu – malu untuk periksa, padahal kita perempuan tidak tahu kapan penyakit itu datang. Makanya perlu deteksi sedini mungkin apalagi bagi wanita menikah atau yang telah melakukan hubungan seksual wajib melakukan pemeriksaan tiga atau lima tahun sekali.

jghSalah seorang warga Desa Kampung Baru Ia menuturkan “bahwa warga desanya banyak yang ingin ikut memeriksakan, tetapi terkendala oleh kendaraan”. Mendengar pengakuan itu dan mengingat target yang harus dicapai, Kepala UPT Puskesmas Concong dan Pak Camat mengusulkan untuk turun ke 4 Desa yaitu Desa Concong Dalam, Concong Tengah, Kampung Baru, dan Sei. Berapit dari tanggal 17-20 April ini, dan hanya beberapa daerah yang bisa dengan mudah mengunjungi Puskesmas diantaranya Desa Panglima Raja dan Concong sendiri dapat langsung datang ke puskesmas untuk memeriksa.

“Saya harap masyarakat diseluruh lapisan serta pemerintah dapat mendukung penuh program ini sehingga dapat terus dijalankan dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kanker serta mendorong lintas sektor lainnya diluar bidang kesehatan untuk berperan aktif dalam mencegah kanker dan untuk kedepannya, puskesmas akan lebih mengintenskan lagi sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya IVA itu sedini mungkin”. ungkap kapus rudiyanto.

Rudiyanto S. Kep selaku Kepala UPT Puskesmas Concong berharap melalui gerakan deteksi dini IVA test dan SADANI dapat mendorong upaya kuat dalam meningkatkan komunikasi dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mengurangi faktor resiko penyakit kanker serviks dan payudara dengan melakukan pemeriksaan secara berkala.

Narasumber: Promkes@Inda Oktari,PKM.  Concong Luar

 

0 thoughts to “LAKUKAN DETEKSI DINI LEWAT IVA TEST DAN SADANI , PUSKESMAS CONCONG OPTIMIS TURUNKAN ANGKA KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *