Skip to main content

KUNJUNGAN RUTIN DAN PEMERIKSAAN PASIEN ODGJ DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PENGALIHAN KERITANG TAHUN 2019

Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan  jiwa bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pemegang program jiwa bersama tim dari puskesmas melakukan kunjungan ke rumah pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Pengalihan Keritang, selasa, (08/10/2019).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Puskesmas dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien kejiwaan di Kecamatan Keritang, Selain dari tim Puskesmas, Bidan Desa dan keluarga juga turut membantu dalam pemeriksaan pasien gangguan jiwa.

Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan dan dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya (UU No.18 Tahun 2014 tentang kesehatan jiwa).

Meski kegiatan kunjungan ke rumah pasien kejiwaan sudah dilakukan secara rutin Pemegang program ODGJ, Anita, AMK berharap ” dukungan bantuan dari semua pihak agar dapat melaporkan ke Puskesmas Pengalihan Keritang jika menemukan kasus warga dengan gejala mengalami kecemasan berat di lingkungan sekitarnya’’.

Kepala Puskesmas Pengalihan Keritang Nurjihan, S.Kep mengatakan ” kunjungan rutin ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien kejiwaan di wilayah kerja Puskesmas Pengalihan Keritang’’.

Sehat Jiwa, Sehat Ragaku, Salam Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *