Kali ini beda dari biasanya, Pelajar remaja Putri menjadi perhatian yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh dunia kesehatan. Selasa 30 Januari 2018 Puskesmas Pengalihan Enok memberikan sosialisasi di sekolah MAN NURUL YAQIN sekaligus didampingi oleh petugas gizi, ibu dan promkes.

topik hangat kali ini adalah terkait dengan penanggulangan anemia pada remaja putri yaitu dengan pemberian tablet tambah darah sebagai persiapan untuk menjadi ibu hamil, karena wanita yang menikah atau hamil lebih banyak membutuhkan zat besi untuk pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Akibat kekurangan zat besi pada ibu hamil antara lain akan mengalami keguguran, BBLR dan perdarahan, yang menjadi penyebab tertinggi kematian ibu melahirkan.

Mengingat Remaja putri pada masa peralihan dari anak menjadi dewasa , ditandai dengan perubahan fisik dan mental. Perubahan fisik ditandai dengan berfungsinya alat reproduksi seperti menstruasi (umur 10-19 th). Hingga sampai kepada kategori Wanita usia subur pada masa atau peroide dimana dapat mengalami proses reproduksi . Ditandai masih mengalami menstruasi (umur 15-45 th). Dimana dalam hal ini petugas Puskesmas Pengalihan Enok juga membuat permainan dengan cara memainkan peran/role play tentang ANEMIA dimana remaja putri melakukan drama bagaimana cara mengatasi anemia dengan tujuan agar remaja putri dapat lebih memahami dan mengingat tentang apa itu anemia, gejala anemia

Petugas kesehatan puskesmas memberikan tablet tambah darah pada remaja putri dan langsung diminum pada saat ini juga, karena apabila tidak diberikan Fe akan berdampak terhadap anemia dan memberikan edukasi akan dampak anemia pada remaja diantaranya:

  1. Menurunnya kesehatan reproduksi.
  2. Terhambatnya perkembangan motorik, mental dan kecerdasan.
  3. Menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar
  4. Konsentrasi belajar menurun sehingga prestasi belajar rendah dan dapat menurunkan produktivitas kerja.
  5. Mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal.
  6. Menurunkan tingkat kebugaran.

Ditambahkan lagi oleh Petugas penyuluhan Promosi Kesehatan “Rahayu perlu dijelaskan sedari dini Anemia Gizi yang merupakan kekurangan kadar hemoglobin dalam darah yang disebabkan karena kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk pembentukan Hb dan dapat diatasi dengan cara mengatasai anemia dan minum tablet fe tersebut dalam “Drama Tablet Fe” sehingga jika ada temannya yang terkena anemia mereka bisa memberikan penjelasan tentang anemia kepada teman-teman lainnya. Oleh karena itu “MARI CEGAH ANEMIA DENGAN CARA POLA HIDUP SEHAT”

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini