Skip to main content

Kembali, Puskesmas Tembilahan Kota Raih Penghargaan Program Inovasi Pencegahan Dan Penanggulangan HIV/AIDS Melalui Posyandu ODHA

UPT. Puskesmas Tembilahan Kota kembali melenggang. Sebagai kado akhir tahun mendapatkan Penghargaan atas program inovatif puskesmas tembilahan kota dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dengan dibentuknya posyandu ODHA.

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota, drg. Hj. Wahyu Winda, M.Si mengatakan, penyerahan pengahargaan inovasi puskesmas tersebut berlangsung pada hari ini, Jum’at (20/12/19), bertempat di Aula Kantor BAPPEDA Kabipaten Indragiri Hilir.

Apresiasi ini diberikan atas inovasi puskesmas tembilahan kota dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dengan dibentuknya posyandu odha (Orang Dengan HIV Aids).

Posyandu odha sendiri telah terbentuk sejak januari 2017 yang juga bekerjasama dengan LSM YAPHI ( Yayasan Puri Harapan Indragiri) yang mana telah lama mendampingi teman-teman odha untuk diberikan konseling seputar HIV AIDS, akses layanan ke Puskesmas atau rumah sakit serta selalu mengingatkan untuk selalu patuh mengkonsumsi ARVnya.

Dengan adanya posyandu ini para ODHA bisa secara rutin memeriksakan kesehatannya, menguatkan mereka agar tetap minum obat ARV, dan konseling kondisi kesehatan mereka selama terapi serta mencegah penularan penyakit ini ke orang lain,jelasnya.

Sampai saat ini sejak terbentuknya 2017 terjadi peningkatan peserta posyandu yaitu teman-teman odha yang memanfaatkan posyandu ini dan mereka juga saling menguatkan dan berbagi melalui posyandu ini,tambahnya.

Pada kesempatan yang sama ia juga menyampaikan harapannya “Dengan diraihnya penghargaan ini, kedepan dijadikan motivasi untuk pelayanan yang lebih baik lagi dan untuk teman-teman Odha semoga dengan melalui posyandu ini kesehatan para Odha dapat terpantau dengan baik, sehingga dapat beraktivitas secara normal”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *