Skip to main content

KELUARGA SEHAT, PUSKESMAS TELUK PINANG INTEGRASIKAN PENDEKATAN KELUARGA

klrg-shtPendekatan keluarga bertujuan untuk mengubah perilaku keluarga dan masyarakat khususnya dalam pengenalan diri terhadap resiko penyakit. Pendekatan keluarga kali ini adalah pendekatan pelayanan integrasi antara upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM). Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bersama Pusat Kesehatan Masyarakat wilayah UPT. Teluk Pinang Kec. Gaung Anak Serka menunjukan kesungguhannya untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang diawali dengan kesehatan keluarga terlebih dahulu.

Puskesmas Teeluk Pinang mengawali kegiatan kesehatan melalui Kunjungan rumah pada pasien yang berisiko tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat dan keluarga guna untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan, untuk merubah perilaku masyarakat atau keluarga untuk tetap bisa mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan yang ada di rumah tangganya dan untuk meningkatkan tarap hidup keluarga yang ber PHBS,

Kegiatan dilaksanakan Sabtu 20 Agustus 2016, di wilayah kerja UPT. Puskesmas Teluk Pinang yakni tepatnya di parit sembilan kawasan Posyandu Mawar, petugas pelaksana dari Tim Puskesmas yakni program Perkesmas  ibu Suliyana, Amk dan Nina Afrianty, Amd. Kep.

klrg-sht1Pelayanan perawatan Kesehatan dari Promosi Kesehatan dan pencegahan penyakit mencakup pada upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM), melakukan intervensi perwatan untuk proses penyembuhan, melakukan observasi, pemantauan status kesehatan seluruh keluarga dan kemudian dari hasil data yang ditemukan tentang kesehatan keluarga yang berisiko dan kemudian akan dianalisis dan diberikan diagnosa keperawatan. Sasaran kegiatan ini adalah kepada keluarga berisiko tinggi seperti Bumil resti, bayi resti, Anak Balita resti, Usila resti dan penyakit-penyakit kronis seperti Asma, Ispa, Strock, Hypertensi, Diabetes, Diare dll.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *