Kelas Ibu Balita merupakan kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia 0-5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi, dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA.

SABTU, 06/04/19. Puskesmas Sapat mengadakan Kegiatan kelas ibu balita, kegiatan ini dilaksanakan di gedung serba guna pulau mas kelurahan Sapat Kecamatan Kuindra oleh Penanggung jawab  Program KIA bersama Tenaga pelaksana gizi UPT. puskesmas Sapat guna meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku ibu balita sehingga terwujud tumbuh kembang anak yang optimal.

Adapun Manfaat Bagi ibu balita dan keluarganya, kelas ibu balita merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, dan memperoleh informasi penting yang harus dipraktekkan. Dan Bagi petugas kesehatan, penyelenggaraan kelas ibu balita merupakan media untuk lebih mengetahui tentang kesehatan ibu balita, anak dan keluarganya serta dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan ibu balita serta keluarganya dan masyarakat.

RamadaSari Amd.Gz selaku pemateri menjelaskan “bahwa kegiatan kelas balita merupakan kegiatan  partisipatif artinya para ibu tidak diposisikan hanya menerima informasi karena posisi pasif cenderung tidak efektif dalam merubah perilaku. Oleh karena itu kelas ibu balita dirancang dengan metode belajar partisipatoris, dimana si ibu tidak dipandang sebagai murid melainkan sebagai warga belajar. Dalam prakteknya para ibu di dorong untuk belajar dari pengalaman sesama, sementara fasilitator berperan sebagai pengarah kepada pengetahuan yang benar. Pelan-pelan metode seperti ini bisa di ikuti oleh peserta, terlihat dari respon ibu-ibu pada pertemuan ini yang mau di ajak berdiskusi terkait pemberian Asi eksklusif dan makanan dengan gizi seimbang untuk balita”.

 

Sumber : Ahmad Syarif, SKM (promkes Puskesmas Sapat)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini