Posyandu bayi, balita dan ibu hamil yang di laksanakan di Posyandu Mawar Merah Kecamatan Enok, senin, (8/07/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Tenaga Kesehatan UPT. Puskesmas Enok, Ibu-ibu yang membawa anaknya dan ibu-ibu hamil. Dalam kegiatan Posyandu ini diadakan kelas balita sekaligus penyuluhan tentang asi eksklusif, cara pemberian asi / menyusui yang benar dan maanfaat asi bagi ibu dan bayi.

Dalam kegiatan ini ibu Hera Awanda Ramadhani A.Md.Keb menjelaskan asi eksklusif adalah pemberian asi sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain walaupun hanya air putih sampai bayi berumur 6 bulan. Cara memberi asi / menyusui yang benar adalah dengan :

  1. Pastikan ibu dan bayi dalam kondisi rileks dan nyaman.
  2. Mendekatkan bayi ke payudara.
  3. Perlekatan yang benar ( mulut bayi tidak hanya menempel pada puting, namun pada area bawah putting payudara dan selebar mungkin).
  4. Membetulkan posisi bayi.
  5. Waktu menyusu ( bayi menyusu sekitar 5 hingga 40 menit tergantung kebutuhannya. Untuk bayi yang baru lahir, biasanya bayi perlu disusui setiap 2-3 jam dengan waktu menyusu 15-20 menit setiap kalinya.

Selanjutnya dalam penyuluhan ini ibu Siti Aminah Amd.Keb menjelasakan tentang ada beberapa manfaat asi untuk ibu dan bayi yaitu :

  1. Hormon oxytocin yang dihasilkan dari proses menyusui akan membuat rahim Ibu kembali ke ukuran normal lebih cepat.
  2. Selain mengurangi risiko terkena osteoporosis, menyusui dapat meningkatkan kepadatan mineral Ibu.
  3. Mengurangai resiko kanker payudara akan berkurang sebesar 24%.
  4. Melalui skin to skin contact, ikatan fisik, psikologis serta emosional akan terbentuk dari kedekatan Ibu dengan bayi.
  5. ASI dapat mempercepat pemulihan bayi yang sedang sakit. Komposisi sempurnanya yang terdiri dari energi, protein, lemak, vitamin dan nutrisi lainnya dapat diandalkan sebagai makanan untuk bayi sewaktu sakit.
  6. Pemberian ASI yang teratur dapat mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental sang bayi.
  7. Bayi yang mendapatkan ASI akan cenderung terhindar dari resiko obesitas.
  8. Konsumsi ASI yang rutin selama kurang lebih 6 bulan akan membuat bayi memiliki perkembangan otak yang lebih baik.

Tenaga kesehatan Ibu Siti Aminah, Amd.Keb mengatakan ” bayi dan balita bisa diberi asi dari umur 0-6 bulan tanpa memberi makanan tambahan apapun, tujuannya agar daya tahan tubuh anak sehat dan tidak mudah sakit .’’

Semoga dengan adanya Posyandu ini ibu-ibu menjadi lebih mengetahui manfaat posyandu dan bisa memotifasi ibu-ibu lainnya untuk membawa anaknya ke posyandu.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini