Skip to main content

KAMBING NAKAL BERULAH, PKM SEI. PIRING WAJIB TURUN TANGAN

IMG-20170210-WA0028Sungai Piring, 06 Februari 2017. Keresahan kini terjadi dikalangan masyarakat di wilayah kecamatan Batang Tuaka, khususnya di Kelurahan Sungai Piring dan sekitarnya, bukan hanya meresahkan namun lebih kepada situasi yang menghawatirkan baik dikalangan masyarakat hingga para guru di Sekolah yang menghawatirkan keselamatan para muridnya.

Akhir-akhir ini dimana-mana telah marak beredar kabar akibat kenakalan remaja yang menyalah gunakan pemakaian lem kambing, tersebarnya kabar ini ternyata membuat hangat atmosfher hamper di seluruh wilayah Kabupaten Indragiri Hilir tanpa terkecuali di Kelurahan Sungai Piring yang ikut merasakan imbasnya. Menanggapi keresahan masyarakat tersebut, sebagai bukti tindakan nyata Puskesmas Sungai Piring sebagai sarana Kesehatan yang bertugas menyehatkan masyarakat bersama pemerintah daerah Kelurahan Sungai Piring memberikan penyuluhan mengenai dampak negative yang sangat berbahaya terkait penyalah gunaan NAPZA dan Lem Kambing oleh kenakalan remaja.

IMG-20170210-WA0029Kepala UPT. Puskesmas Sungai Piring Ibu Hj. Nur Afni bersama tim kesehatannya ibu Tuti Auliyah, SKM dan Nursusanti, S.Kep pada senin pagi memberikan penyuluhan di Sekolah Dasar Negeri 013 Sungai Piring, bersama tim beliau menyampaikan tema penyuluhan “Indonesia Darurat Narkoba”.  Dalam pemaparannya mereka juga menyampaikan banyak faktor yang menyebabkan penyalah gunaan lem Kambing dianataranya rasa ingin tahu sehingga mulai coba-coba, tekanan pengaruh pergaulan yang tidak terkontrol, sehingga menyebabkan perilaku menentang otoritas baik dari Sekolah, Guru, Hukum dan bahkan perilaku menentang orang tua.

“Kita merasa prihatin akan ancaman dari kenakalan remaja akhir-akhir ini, bukan hanya merugikan diri pribadi secara fisik, penyalah gunaan lem Kambing ini juga dapat merusak kejiwaan dan kehancuran moral anak muda kita, karena akibat dari kerusakan organ yang ditimbulkan oleh perilaku ini sudah barang tentu juga akan merubah norma-norma yang selama ini dijaga di kalangan masyarakat dan keluarga. Jelas Tuti sebagai tim Promkes Puskesmas Sungai Piring.”

Mirisnya perilaku ini tentunya berimbas kepada runtuhnya moral generasi penerus, utuk itu setelah diberikan penyuluhan terhadap penyalah gunaan NAPZA ini dan bekerja sama dengan lintas sektor pemerintah daerah kelurahan Sungai Piring dan Kepolisian setempat, Penyalah gunaan dari Lem Kambing akan teratasi dan dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada masyarakat.

Sumber: Tenaga Promkes Tuti & Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *