Skip to main content

KADISKES INHIL TUTUP KEGIATAN SOSIALISASI SHK

ttp-sos-shkTembilahan, Selasa, 18 Mei 2016. Setelah tiga hari melaksanakan sosialisasi dan pelatihan SHK yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, hari ini resmi ditutup oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes. Pelatihan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) yang dilaksanakan di Dubest Hotel Tembilahan ini diikuti oleh  perwakilan dari dari seluruh Puskesmas dan Dokter yang ada Kabupaten Indragiri Hilir. Namun hingga saat ini masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui apa itu SHK dan pengaruhnya bagi pertumbuhan yang akan kita ulas kali ini.

Apa itu SHK?, SHK merupakan singkatan dari Skrining Hipotiroid Kongenital. Skrining ini perlu dilakukan karena Hipotiroid Kongenital merupakan salah satu penyebab seorang anak mengalami keterbelakangan mental dan bertubuh cebol.

Hormon Tiroid memiliki peran vital dalam pertumbuhan, metabolisme dan pengaturan cairan tubuh. Tanpa Tiroid yang cukup, sel saraf, sel otak, dan otot tidak akan berkembang dengan baik. Tidak hanya menyebabkan kegagalan pertumbuhan, kekurangan Hormon Tiroid juga dapat mengakibatkan keterbelakangan mental kepada penderitanya.

ttp-sos-shk1Diperkirakan dari 4.725 juta bayi baru lahir terdapat berkisar 1.575 bayi baru lahir dengan Hipotiroid. Sebenarnya kelainan ini dapat dicegah dan anak dengan Hipotiroid Kongenital yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan mengalami retardasi pertumbuhan. Sayangnya Hipotiroid Kongenital tidak tampak pada bayi baru lahir, bayi dengan kelainan ini tetap tampak normal saat lahir dan baru bisa dideteksi setelah berusia beberapa minggu. Namun setelah Dinas Kesehatan Inhil melakukan pembelajaran pelatihan ini, para tenaga kesehatan yang telah terlatih akan mensurvei dengan mengambil sampel darah kapiler dari bagian medial tumit bayi pada hari ke 2 sampai 4 setelah kelahiran. Yang kemudian hasilnya akan diperiksa di laboraturium yang memiliki fasilitas pemeriksaan Thyroid Stimulating Hormone (TSH).

Itulah sebabnya SHK sangat penting bagi masyarakat khususnya Indragiri Hilir. Oleh Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM, M. Kes mengungkapkan banyak terima kasih kepada panitia pelaksana pelatihan SHK yang telah memberikan waktu dan kesempatan atas ilmu yang sangat dibutuhkan masyarakat Inhil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *